Jelang UNBK, SMP 19 Surabaya Himbau Ortu Tidak Ajak Anak Bepergian

April 3, 2017

Surabaya, penamerahputih.com – Menjelang pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP, Kepala Sekolah SMP 19 Surabaya Shahibur Rachman menghimbau orang tua murid agar tidak mengajak anaknya bepergian ke luar kota.

Ujian Nasional Berbasis Komputer, jenjang SMP/MTs digelar selama empat hari, mulai 2 Mei hingga 8 Mei 2017. Setiap hari satu mata pelajaran (Mapel) yang terbagi dalam tiga sesi.

“Dukungan dari orang tua siswa sangatlah penting. Keberhasilan tidak dari anak dan sekolah, tapi orangtua juga memegang peranan penting. Karena tahapan-tahapan sudah kami lakukan mulai Bulan Januari sampai sekarang,” kata Rachman dalam acara pertemuan dengan wali murid, Minggu (2/4/2017).

Berbagai persiapan juga telah dilakukan agar para siswa bisa menghadapi UNBK dengan percaya diri. Pertama, persiapan pribadi siswa, baik persiapan akademis, fisik dan psikologis. Kedua dari sisi program, sekolah telah menyiapkan program-program agar supaya para siswa siap. Baik program dari nilai, dari kesiapan psikologis karena memakai CBT (Computer Based Test). “Meski anak siap, tapi kalau perangkatnya tidak siap juga tidak akan berhasil,” jelasnya.

Rachman mengaku sekolahnya telah didukung sarana dan prasarana oleh Dinas Pendidikan. Mulai dari latihan soal hingga try out. Namun pihaknya memodifikasi soal, lantaran SMP Negeri 19 masuk sekolah kawasan.

“Kalau sekolah kawasan hasilnya harus lebih tinggi. Target kita adalah urutan lima besar dan semuanya harus ikut mendukung. Termasuk orangtua masing-masing,” katanya.(istimewa)