Mudik 2017, ASDP Siapkan Kapal Roro Rute Jakarta – Surabaya

April 6, 2017

Untuk mengatasi arus mudik 2017,  PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry, mencari kapal yang tepat untuk mendukung pembukaan pelayanan kapal angkutan roll on roll off (Roro) rute Jakarta – Semarang- Surabaya.

Faik Fahmi, Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry menyatakan sebagai BUMN yang juga mendapatkan tugas untuk melayani pelayanan kapal angkutan roll on roll off (Roro) rute Jakarta – Semarang- Surabaya, pihaknya harus mendapatkan kapal dalam jangka pendek yang bisa dikerjasamakan dengan pola sewa.

“Sekarang kami masih mencari kapal yang sesuai untuk jangka pendek dengan pola sewa terlebih dahulu,” tuturnya, Rabu (5/4).

Faik berharap dalam tahapan pencarian tersebut mampu mendapatkan minimal satu kapal atau lebih, dengan kapasitas yang mampu menampung sedikitnya 100 unit truk.

“Minimal satu kapal, diusahakan lebih banyak lagi. Kapal yang dapat mengangkut minimum seratus truk. Ada beberapa pilihan, sedang kita negosiasi,” terangnya.

Pihaknya berharap sudah bisa mendapatkan kapal sewa dalam waktu secepatnya, sehingga rute Jakarta – Semarang- Surabaya dapat segera terwujud atau terlayani sebelum lebaran tahun ini.

“Yang pasti rute Roro Jakarta – Semarang – Surabaya itu, sebelum lebaran tahun ini sudah bisa dilayani,” tegasnya.

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan akan mengusahakan pelayanan Roro rute Jakarta – Semarang – Surabaya mulai beroperasi pada April 2017.