Tak Sekedar Jalan-Jalan, HRV Club Berlandaskan Kekeluargaan, Kebersamaan dan Kemanusiaan

April 25, 2017

(ki-ka) Ketua HRV Club Indonesia Chapter Jawa Timur Wahyu Hidayat, Ketua Umum HRV Club Indonesia Tatang D Tjahyanto, Sekjen Tarsih Ekaputra.

 

Pada Senin (24/4/2017), HRV Club Indonesia Chapter Jawa Timur merayakan ulang tahun pertamanya di City of Tomorrow, Surabaya. Mereka memiliki anggota aktif sebanyak 112 orang.

Selain Ketua HRV Club Indonesia Chapter Jawa Timur Wahyu Hidayat, hadir pula Ketua Umum HRV Club Indonesia Tatang D Tjahyanto dan Sekjen Tarsih Ekaputra.

Menurut Tatang D Tjahyanto, total anggota HRV Club Indonesia mencapai 8.000 orang dengan member aktif 800 orang. Mereka tersebar dari Aceh hingga Papua. Umur anggota memiliki rentang sangat jauh, mulai dari 18 tahun hingga 76 tahun.

“HRV Club pertama muncul di Jakarta. Awalnya hanya delapan orang,” kata Tatang. HRV Club Indonesia resmi berdiri pada 5 Desember 2015. Saat ini, mereka telah memiliki Akta Notaris, SK dari Kementerian Hukum dan HAM, juga NPWP sebagai bukti legalitas dan keseriusan berorganisasi.

Masih menurut Tatang, HRV Club Indonesia tak sekedar kumpulan para pehobi sama dan hanya melakukan kegiatan jalan-jalan atau hura-hura. “Kami memiliki landasan 3K dalam menjalankan organisasi dan beraktivitas,” ujarnya.

Apa saja itu? Apa keuntungan yang diperoleh anggota HRV Club Indonesia? Apa suka dukanya mengurus komunitas pecinta otomotif seperti ini? Berikut wawancaranya:

Bisa dijelaskan awal mula HRV Club Indonesia?

HRV Club pertama muncul di Jakarta. Awalnya hanya delapan orang. Kita berkomitmen membuat sebuah keluarga besar dari orang-orang yang hobi otomotif dan kebetulan sama-sama menggunakan Honda HRV. Dengan komitmen seperti itu, jumlah anggota ternyata terus bertambah.

Pada 5 Desember 2015, berdiri HRV Club Indonesia di Jakarta. Saat ini kami sudah mempunyai 10 chapter, yakni Aceh, Lampung, Depok-Bogor Raya, Kalteng, Jakbar-Tangerang, Jaktim-Bekasi, Jakput-Jakut, Jateng, Jatim dan Bali. Anggota tersebar dari Aceh hingga Papua dan kini sudah mencapai 800 member aktif di seluruh Indonesia. Kalau member online sudah mencapai 8.000 orang.

Apa tujuan HRV Club Indonesia?

Tujuannya membangun kekeluargaan di semua tempat. Jadi kita menjalin kekeluargaan dari sebuah hobi yang sama. Komunitas kami sudah  memiliki Akta Notaris, SK dari Kementerian Hukum dan HAM, juga NPWP. Semua itu sebagai bukti legalitas bahwa kami HRV Club Indonesia resmi berdiri di negeri ini. Kami bahkan berani klaim bahwa HRV Club Indonesia adalah klub HRV yang pertama punya legalitas di Indonesia.

Apa moto HRV Club Indonesia?

Kita memiliki spirit “Kekeluargaan, Kebersamaan, Kemanusiaan” atau  3K. Kita melakukan kopdar (pertemuan) rutin, baik mingguan atau bulanan. Juga kopdar gabungan per chapter. Untuk kegiatan kemanusiaan kita lakukan kegiatan sosial, khususnya di wilayah-wilayah yang kita punya chapter-nya. Misalnya menyantuni anak-anak yatim-piatu.

Kita juga ikut membantu jika terjadi bencana alam. Bantuan kita galang dari seluruh member di Indonesia. Kemudian bantuan kita lanjutkan ke chapter terdekat lokasi bencana alam. Sebut saja bencana di Aceh, Tasikmalaya, Cirebon, Bali, atau yang terbaru Ponorogo.

Anggota Komunitas HRV Club Indonesia Chapter Jawa Timur merayakan ulang tahun pertamanya di City of Tomorrow, Surabaya, Senin (24/4/2017)

Apa kelebihan HRV dibanding komunitas otomotif lainnya?

Pertama, seluruh member HRV Club Indonesia akan menerima keuntungan berupa promo diskon di seluruh rekanan HRV Club di seluruh Indonesia. Jadi hanya dengan menggunakan member card, semua anggota bisa menerima diskon jika pergi ke bengkel, toko asesoris, lampu, pelg, ban, atau bahkan restoran dan cafe.

Ke depan kita bahkan berencana membangun hubungan dngan merchant-merchant yang tidak ada hubungannya dengan otomotif. Sebut saja hotel. Oh ya, kita daftar di HRV Club cuma skali. Tidak ada bayar iuran, baik bulanan atau tahunan. Pendaftaran bisa online malalui website www.hrvclubindonesia.com.

Apa hal terpenting bagi HRV Club Indonesia?

Jadi HRV Club tidak sekedar kegiatan jalan-jalan, hura-hura yang tidak ada manfaat. Kita punya kegiatan yang berlandaskan pada 3 K, yakni Kekeluargaan, Kemanusiaan dan Kebersamaan tadi. Tidak sekedar jalan-jalan, tapi kegiatan berlandaskan Kekeluargaan, Kebersamaan dan Kemanusiaan.

Soal hobi justru belakangan. Jadi misalnya saya datang ke Surabaya, saya sudah punya saudara baru di Surabaya. Begitu juga kalau saya ke Papua, saya mempunyai saudara baru di sana. Itulah indahnya menjadi anggota HRV Club Indonesia.

Apa suka dukanya?

Sukanya, secara tidak langsung saya bisa mempelajari berbagai karakteristik dari berbagai macam sifat orang. Hal seperti itu rasanya tidak bisa kita dapatkan hanya dari sekedar belajar. Tapi dengan terjun langsung di lapangan, kita bakal berjumpa dengan banyak orang. Ada yang baik, ada yang suka humor, ada pemarah, suka bawa perasaan, dan lain-lain. Tapi itu menyenangkan.

Tidak sukanya, karena bertemu banyak orang, seringkali banyak pertanyaan yang diulang-ulang. Bagaimana cara daftar, berapa bayar. Padahal sudah dijelaskan sebelumnya. Tapi ya namanya banyak orang. Hahaha…

Pengalaman yang unik?

Anggota HRV kan mobilnya ada yang bagus dengan berbagai aksesoris, ada yang biasa. Nah, kita harus pandai-pandai dalam berkomunikasi dengan semua member supaya semuanya happy. Jadi lebih bagaimana cara kita berkomunikasi dengan baik.

Apa target terdekat?

Kita pada Agustus mendatang akan menggelar Jambore Nasional di Semarang. Kita sedang fokus agar kegiatan itu sukses.(hps)