Cegah Diabetes, Makanlah Apel Sekalian Kulitnya

Mei 14, 2017

Makanlah apel sekaligus dengan kulitnya untuk mencegah diabetes tipe 2. (buahaz.com)

Jakarta, penamerahputih.com – Apel meski ada yang rasanya manis, ternyata dipenuhi dengan vitamin dan nutrisi yang bisa membantu menangkal penyakit diabetes mellitus atau penyakit gula. Apel sangat baik karena mengandung quercetin atau pigmen tumbuhan. Hal yang perlu Anda ketahui, kulit apel ternyata justru mengandung quercetin enam kali dibanding buahnya.

Quercetin membantu tubuh mengeluarkan insulin lebih efisien dan mencegah resistensi insulin. Problem resistensi terhadap insulin merupakan ciri khas diabetes tipe 2 yang merupakan jenis diabetes yang paling banyak diderita. Resistensi terhadp insulin terjadi ketika tubuh harus membuat lebih banyakl insulin untuk membantu glukosa masuk ke dalam sel tubuh.

“Apel penuh dengan antioksidan dan juga ada serat dalam buah yang secara alami memperlambat pencernaan gula,” kata Karen Ansel, ahli gizi dan diet yang juga penulis ‘Healing Superfoods for Anti-Aging’, seperti dikutip Foxnews.

Namun menurut Karen Ansel, pastikan Anda makan apel dengan kulitnya yang justru mengandung quercetin enam kali lipat dibanding daging buahnya.

Menurut data American Diabets Association, penyakit diabetes merupakan epidemi di Amerika Serikat dengan sekitar 29 juta orang yang mengidapnya. Sementara 86 juta orang dianggap pra-diabetes atau berpotensi mengidapnya. Diabetes tipe 2 paling banyak diidap.

Diabetes tipe 2 adalah penyakit di mana sel tubuh tidak menggunakan insulin dengan baik. Pada awalnya, pankreas membuat lebih banyak insulin untuk membantu penyerapan glukosa ke dalam sel. Namun seiring berjalannya waktu, pankreas tidak dapat lagi membuat cukup insulin untuk menjaga kadar glukosa darah agar tetap normal. Maka muncullah penyakit diabetes tipe 2.

Persoalannya, diabetes tipe 2 meningkatkan risiko seseorang terhadap beberapa penyakit seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan stroke. Diabetes tipe 2 menjadi penyebab 12 persen kematian di negara Paman Sam. Sebuah penelitian yang dilakukan pada Januari 2017 menunjukkan, persentase ini tiga kali lebih tinggi dibanding perkiraan semula.

Konsumsi Yogurt Kurangi Risiko Diabetes

Selain mengonsumsi apel sekaligus dengan kulitnya, rutin setiap hari mengonsumsi yogurt juga bisa mengurangi risiko terjangkit diabetes tipe 2 hingga 18 persen. Kesimpulan ini merupakan hasil penelitian yang dilakukan tim peneliti di Harvard School of Public Health pada November 2014.

Menurut Marina Chaparro, juru bicara Akademi Nutrisi dan Diet, meskipun tidak jelas apakah penurunan risiko itu disebabkan Yogurt mengandung banyak probiotik, satu hal yang pasti yogurt mengandung protein tinggi.  “Protein tinggi akan membuat Anda merasa kenyang dan mencegah lonjakan besar gula darah,” kata Marina Chaparro.

Namun, meski yogurt mengandung gula alami, Marina mengingatkan agar membaca label kemasan untuk menghindari kelebihan gula. “Pilih yogurt yang memiliki 12 gram sampai 15 gram karbohidrat,” katanya. (hap)