Belum Menambang di Rembang, Semen Indonesia Gelontorkan Rp 1,2 Miliar Paket Sembako

Juni 15, 2017

Direktur Enjinering dan Proyek Semen Indonesia Aunur Rosyidi (kiri), Direktur Produksi dan Pengembangan Bisnis Johan Samudera (tengah) dan Direktur Utama Semen Gresik Sunardi Prionomurti (kanan) ikut melayani pembeli pada pasar murah yang digelar Semen Indonesia di Rembang.

Rembang, penamerahputih.com – Meski pabrik semen Rembang secara resmi belum diizinkan menambang, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk menunjukkan kepeduliannya terhadap warga di sekitar pabrik Rembang. Mereka menggelontorkan 8 ribu paket sembako murah senilai Rp 1,2 miliar.

Tak hanya itu, Semen Indonesia juga  memberikan santunan kepada 500 anak yatim piatu, memberikan 6 ribu sarung, 2 ribu mukena dan seribu tas sekolah bagi siswa. Serta seribu Al Quran bagi masjid dan pondok pesantren di Kabupaten Rembang.

Program CSR (corporate social responsibility) pabrik semen BUMN itu dilaksanakan dalam bentuk pasar murah dan safari Ramadan. Sebanyak 8 ribu paket sembako yang masing-masing senilai Rp 150 ribu, hanya dijual Rp 25 ribu di pasar murah yang digelar di Desa Kadinowo, Kecamatan Bulu, Kabupaten Rembang, sejak Kamis 15 Juni hingga Selasa 20 Juni.

Hasil penjualan paket sembako yang berisi 5 kg beras, 2 kg gula, 2 liter minyak dan 5 bungkus mie istan tersebut, selanjutnya dikembalikan dalam bentuk santunan bagi anak yatim piatu setempat.

“Kegiatan pasar murah yang diselengarakan Semen Indonesia diharapkan bisa meringankan beban masyarakat, di mana harga kebutuhan sembako di bulan Ramadan cenderung mengalami peningkatan,” kata Darmawan Junaidi, Direktur Keuangan Semen Indonesia, Kamis (15/6/2017).

Masih menurut Darmawan, kegiatan pasar murah dan safari Ramadan  dilakukan untuk memupuk kesadaran dan kepedulian dunia usaha kepada masyarakat untuk saling berbagi dan berbuat kebaikan bagi sesama. Juga bagian dari program ‘BUMN Hadir Untuk Negeri’ yang memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia.

“Ini juga wujud komitmen perusahaan dalam menjalankan roda usaha yang tidak hanya mengejar keuntungan, namun juga memberi manfaat bagi masyarakat dan lingkungan,” katanya sembari menyebut komitmen Semen Indonesia yang berlandaskan triple bottom line yakni Profit, People dan Planet.

Paket Sembako Total Rp 7 Miliar

Bersamaan dengan pasar murah di Rembang, Semen Indonesia juga meresmikan empat ‘Taman Bacaan Semen Indonesia’ di empat desa di sekitar pabrik Rembang, yakni Kadiwono, Kajar, Pasucen dan Tegaldowo.

Menurut Darmawan Junaidi, pendirian ‘Taman Bacaan Semen Indonesia’ merupakan komitmen perusahaan guna mencerdaskan anak bangsa. “Taman bacaan dilengkapi dengan komputer dengan akses internet, buku bacaan ensiklopedia, buku cerita dan pelajaran serta permainan edukasi,” ujarnya.

Sejatinya selain menggelontorkan 8 ribu paket sembako untuk wilayah Rembang, Semen Indonesia Group secara total mengeluarkan 40.150 paket sembako senilai Rp 7 miliar. Paket sembako itu dijual di pasar murah di seluruh wilayah operasi perusahaan dan wilayah lainnya.

Sebut saja Gresik 5.500 paket,  Tuban 15.000 paket, Padang 1.200 paket, Tonasa 2.200 paket, Aceh 5.000 paket, Banyuwangi 1.050 paket, Banjarmasin dan Ciwandan 1.200 paket, serta Madura 1.000 paket.

Untuk wilayah Gresik, perusahaan memberikan santunan kepada 430 anak yatim piatu dari 26 kelurahan di Kabupaten Gresik. Selama Ramadan ini, Semen Indonesia juga telah memberikan donasi kepada 15 penderita HIV /AIDS dan penyakit kronis, serta beasiswa kepada 200 anak kurang mampu.

Menurut Agung Yunanto, Direktur SDM dan Hukum Semen Indonesia, melalui kegiatan pasar murah dan safari Ramadan, perusahaan berharap bisa semakin mendekatkan diri dengan masyarakat Rembang dan masyarakat di wilayah operasional lainnya. Hubungan baik antara perusahaan dan masyarakat diharapkan mampu mendorong peningkatan nilai tambah bagi perusahaan dan juga masyarakat.

“Kami adalah perusahaan multinasional yang akan selalu mendorong peningkatan kualitas masyarakat lokal. Sebagai perusahaan yang lahir, tumbuh dan berkembang bersama masyarakat, kami ke depan akan terus menggelar kegiatan untuk mensejahterakan  masyarakat melalui program-program CSR,” tegasnya.(bhimo)