Tanamkan Cinta Tanah Air Sejak Dini, Semen Indonesia Berangkatkan 20 Pelajar ke Papua

Juli 24, 2017

Pertukaran pelajar tingkat SMU antara Provinsi Papua dan Provinsi Sulawesi Utara yang didukung PT Semen Indonesia (Perswero) Tbk.

Jakarta, penamerahputih.com – Sebanyak 20 pelajar tingkat SMU dan SLB yang berprestasi asal Sulawesi Utara diberangkatkan ke Provinsi Papua oleh PT Semen Indonesia (Persero) Tbk.  Upaya menanamkan rasa cinta tanah air sejak dini melalui program ‘Siswa Mengenal Nusantara’.

Selama sepekan, para pelajar itu akan mengikuti berbagai kegiatan yang bertujuan memperkenalkan kekayaan alam dan budaya Papua. Sebut saja melihat tugu perbatasan RI-Papua Nugini di Merauke, mengunjungi Danau Sentani, mempelajari proses pembuatan motif batik di Port Numbay, atau melihat proses pembuatan garam oleh suku Dani.

Kegiatan lainnya, belajar bagaimana cara memelihara lebah hingga menghasilkan madu dan mengunjungi sekolah unggulan SMUN 4 Jayapura. Tak hanya itu, mereka juga akan dilibatkan dalam prosesi adat ‘Bakar Batu’ bersama siswa-siswi SMAN 1 Wamena.

“Kami ingin menanamkan rasa bangga dan cinta tanah air sejak dini,” kata Agung Yunanto, Direktur SDM & Hukum Semen Indonesia.

Penyematan atribut kegiatan ‘Siswa Mengenal Nusantara’ kepada para pelajar dilakukan oleh Gubernur Papua yang diwakili oleh Kabiro Otonomi Khusus, Haryoko Rumaropen, di Hotel Horison Jayapura, Sabtu (22/7/2017). Untuk kegiatan ini Semen Indonesia bekerjasama dengan dua BUMN lainnya, yakni Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) dan Bhanda Ghara Reksa (BGR).

Meurut Agung Yunanto,  kegiatan ‘Siswa Mengenal Nusantara’ merupakan bagian dari  program ‘BUMN Hadir untuk Negeri’ yang dicanangkan Kementerian BUMN menyongsong HUT RI ke-72. Program ini menyasar seluruh lapisan masyarakat melalui berbagai kegiatan. Jika pelajar Sulawesi Utara dikirim ke Papua, sebalinya pelajar Papua juga dikirim ke provinsi lain untuk mengenal kekayaan alam dan keragaman budaya setempat.

“Semen Indonesia terus bertekad menumbuhkan kesadaran bahwa keragaman merupakan kekuatan NKRI. Di tangan generasi muda, potensi bangsa yang besar dapat diolah dengan baik yang akan mengantarkan Indonesia menjadi bangsa yang besar,” katanya.(bhimo)