Sapi Berbobot 1,073 Ton Juarai Kontes Ternak Puspa Agro

Agustus 23, 2017

Sapi berbobot 1,073 ton pemenang kategori ekstrem Final Kontes Ternak dan Expo Peternakan Sidoarjo 2017 di Puspa Agro.

Surabaya, penamerahputih.com – Seekor sapi berbobot 1,073 ton milik H Achmad Priyadi, warga Kec Wonoayu, memenangi kategori ekstrem Final Kontes Ternak dan Expo Peternakan Sidoarjo 2017 yang digelar di Pasar Induk Modern Agrobis Puspa Agro milik Pemprov Jatim. Sementara kategori ekstrem kambing dimenangkan kambing etawa berbobot 118 kg milik Sofi’i, warga Kec Prambon.

Baca: Puspa Agro Bakal Jadi Tuan Rumah Kontes Ternak

Atas prestasinya, H Achmad Priyadi berhak menerima piagam penghargaan dan uang pembinaan Rp 3 juta. Selain kategori ekstrem sapi dan kambing, panitia juga memilih 33 pemenang untuk kategori berbeda pada final yang digelar pada Senin dan Selasa (21-22/8/2017).

Pada perhelatan final tahun ini, perserta kontes sebanyak 148 ekor terdiri dari 57 sapi dan 91 kambing. Ternak finalis sebelumnya telah lolos seleksi dan menjadi juara di masing-masing kecamatan di wilayah Kabupaten Sidoarjo.

Menurut Bupati Sidoarjo Saiful Ilah yang hadir pada kegiatan, Final Kontes Ternak dan Expo Peternakan diselenggarakan tiap tahun menyambut datangnya Idul Adha atau hari raya qurban. “Diharapkan para peternak bisa memanfaatkan momentum ini untuk mengembangbiakkan sapi dan kambingnya dengan kualitas yang bagus,” kata Bupati.

Pemkab Sidoarjo akan mengerahkan 200 dokter hewan yang disebar di 18 kecamatan untuk mengawasi dan menjamin bahwa hewan yang disembelih aman untuk dikonsumsi masyarakat.

“Dinas Pangan dan Pertanian sudah menyiapkan 200 dokter hewan. Saya tidak mau ada hewan qurban yang nanti disembelih saat hari raya ada yang sakit. Sejak dini akan diawasi,” kata Bupati Saiful Ilah yang didampingi Handajani, Kadis Pangan dan Pertanian.

Menurut Bambang Erwanto, Ketua Panitia Final Kontes Ternak dan Ekspo Peternakan, perhelatan di Puspa Agro merupakan tahap akhir setelah sebelumnya melalui seleksi di masing-masing kecamatan di wilayah Kabupaten Sidoarjo.

“Maka yang tampil dalam final di Puspa Agro adalah para juara di tingkat kecamatan,” katanya.

Ada lima kategori yang dikonteskan untuk sapi. Selain mengambil tiga juara (peringkat) tiap kategori, panitia juga menetapkan satu juara kategori ekstrem. Sementara untuk jenis kambing, peserta  bersaing di enam kategori plus satu juara ekstrem. Juara kategori ekstrem diambil dari ternak sapi dan kambing yang memiliki bobot terberat.

Sementara menurut Dirut PT Puspa Agro Abdullah Muchibuddin, kegiatan kontes hewan ternak sangat bermanfaat bagi para peternak dan masyarakat. “Kontes ini bisa memacu semangat para peternak untuk budi daya guna mengasilkan produksi yang berkualitas. Sementara masyarakat pengguna atau konsumen diuntungkan karena mendapat komoditas atau hasil produksi dengan kualiatas bagus,” katanya.

Final Kontes Ternak dan Expo Peternakan Sidoarjo mengandung unsur kompetisi yang sehat untuk menghasilkan hewan terbaik sesuai kategori atau kriteria panitia. “Dan tentu saja, hadiah yang disiapkan panitia bisa memacu semangat berbudi daya,” katanya. (sha)