Sebanyak 22.205 Pelajar Papua Pecahkan Rekor MURI

Desember 20, 2017

Kegiatan mewarnai dengan peserta terbanyak yang diinisiasi Kodam XVII Cendrawasih Papua didukung Faber-Castell berhasil pecahkan rekor MURI.

Jakarta, pmp – Sebanyak 22.205 pelajar Papua pecahkan rekor MURI atau Museum Rekor-Dunia Indonesia untuk kegiatan mewarnai dengan jumlah peserta terbanyak. Siswa-siswi TK, SD dan SMP dari berbagai kabupaten di Papua terlibat mewarnai lambang negara burung Garuda Pancasila.

Kegiatan yang bertujuan meningkatkan rasa nasiolisme dan kebangsaan generasi muda di Papua itu diinisiasi Kodam XVII Cendrawasih dan didukung Faber-Castell, produsen alat tulis terbesar di dunia. Kegiatan puncak dalam upaya memecahkan rekor MURI digelar di Stadion Pendidikan, Wamena, Kabupaten Jayawijaya, pada Jumat (8/12/2917).

“Kegiatan mewarnai gambar lambang burung Garuda Pancasila bertujuan agar anak-anak bisa memaknai Pancasila sebagai ideologi negara yang merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa,” kata Kol Kav Edward Sitorus, Ketua Panitia yang juga Aster Kodam XVII Cenderawasih.

Menurut Edward, Pancasila sebagai asas NKRI diharapakan dapat terpatri dalam diri generasi muda, khususnya di Papua, untuk terus belajar dan mengembangkan potensi diri membangun Indonesia menjadi lebih hebat.

Sementara menurut Yandramin Halim, Managing Director PT Faber-Castell International Indonesia, pihaknya mendukung upaya Kodam Cenderawasih dan berbagai pihak lainnya untuk meningkatkan rasa nasionalisme kepada generasi muda dalam bingkai NKRI. Termasuk menyebarkan pesan perdamaian menjelang Natal 2017. Faber-Castell mendukung kegiatan dengan membagikan connector pen sebagai sarana mewarnai.

“Faber-Castell sejak lebih dari 15 tahun telah mempopulerkan kegiatan mewarnai dan menggambar sebagai kegiatan mengasah kreativitas bagi anak. Juga mengasah seni dan relaksasi di kalangan dewasa, serta mempertahankan ketajaman pikiran di kalangan manula,” kata Yandramin sembari menyebut kampanye #art4all yang sedang digalakkan Faber-Castell.

Baca juga: Peduli Kualitas Hubungan Orang Tua dan Anak, Faber-Castell Kampanye Art4all

Mekanisme pemecahan rekor mewarnai dengan jumlah peserta terbanyak, dimulai dengan pendistribusian artwork gambar burung Garuda Pancasila ke sekolah-sekolah di kabupaten-kabupaten, di Provinsi Papua. Kemudian pada 1 Desember, secara serentak dimulai kegiatan mewarnai di sekolah-sekolah tersebut.

Hasil dari kegiatan mewarnai serentak pada 1 Desember, terkumpul 17.205 gambar yang dikirim ke Wamena. Selanjutnya pada puncak acara 8 Desember, dilakukan kegiatan mewarnai yang diikuti 5.000 siswa-siswi di Kabupaten Jayawijaya. Hasil akhirnya, sebanyak 22.205 gambar dirangkai menjadi replika raksasa burung Garuda Pancasila.(hap)