Cawagub Prof Andalan Pukul Telak Cawagub Cakka di Debat Kandidat Pilkada Sulsel

Maret 29, 2018

Pasangan kandidat nomor 3 Prof Nurdin Abdullah Bupati Bantaeng dan Andi Sudirman Sulaiman, serta pasangan Ichsan Yasin Limpo dan Andi Mudzakkar.

Makassar, PMP  – Andi Mudzakkar, calon wakil gubernur pasangan nomor 4 Ichsan Yasin Limpo-Cakka, gagal menjawab pertanyaan yang dilontarkan Andi Sudirman Sulaiman, cawagub pasangan nomor 3 Prof Andalan, pada Debat Kandidat Pilkada Sulsel 2018. Cawagub Prof Andalan pukul Telak Cawagub Cakka.

Pada sesi debat antar cawagub pada acara Debat Kandidat Pilkada Sulsel 2018 di Hotel Clarion Makassar, Cawagub Andi Sudirman Sulaiman yang mendampingi Prof Nurdin Abdullah berkesempatan mengajukan pertanyaan terlebih dulu kepada Cakka.

“Di Sulsel ini sangat banyak sawah tadah hujan yang hanya bisa berproduksi saat musim hujan tiba. Bagaimana cara mengatasi persoalan ini?” tanya Cawagub Prof Andalan itu.

Entah tak memahami pertanyaan atau tak punya jawaban, Cakka justru menjelaskan soal penyaluran pupuk dan bibit buat petani di Sulawesi Selatan. Sama sekali tak menyinggung soal sawah tadah hujan yang ditanyakan cawagub Prof Andalan.

Jawaban Cakka tentu saja membuat sebagian besar penonton tertawa dan saling berbisik. Namun di panggung, dengan cuek Cakka tetap saja memaparkan soal benih dan pupuk hingga waktunya habis.

“Kasihan ya Cakka, jawabannya gak nyambung sama pertanyaan Pak Andalan? Sepertinya tak punya jawaban sehingga asal jawab,” bisik perempuan di bangku pentonton kepada temannya.

Baca juga : Jangan Pernah Remehkan Cawagub Prof Andalan, Presiden Perancis Juga Berusia Muda

Namun saat Cakka ganti mengajukan pertanyaan, Cawagub Prof Andalan memberi jawaban sesuai pertanyaan. Dan bahkan memberi solusi.

“Bagaimana cara meningkatkan produksi garam yang dihasilan para petani garam di Sulsel? “ tanya Cakka.

Pertanyaan itu dijawab cawagub Prof Andalan dengan menyebut bahwa produksi petani garam bisa ditingkatkan dengan bantuan teknologi sederhana yang nantinya bisa diaplikasikan dengan mudah oleh para petani. Sontak jawaban Andalan itu mendapat tepuk meriah penonton.(bhimo)