PenaMerahPutih.com
Ekbis Headline Indeks Mikro

Fisipol UGM Luncurkan AKM, Tambah Wirausaha Kurangi Sarjana Pengangguran

Yogyakarta, PMP – Fisipol UGM meluncurkan program Akademi Kewirausahaan Masyarakat (AKM) untuk meningkatkan jumlah wirausaha baru, sekaligus menekan jumlah angka pengangguran terdidik yang jumlahnya sekitar 60 ribu per tahun.  Sebanyak 1.262 sarjana telah mendaftar untuk berpartisipasi dalam pengembangan wirausaha pedesaan.

Melalui program AKM, para sarjana bakal disiapkan menjadi tenaga pendamping pengembangan wirausaha di pedesaaan yang berbasis pada potensi masing-masing desa.

“Gagasan program AKM berangkat dari sejumlah pertimbangan. Pertama, besarnya angka pengangguran terdidik. Data terbaru menunjukkan, dalam setahun terdapat sekitar 800 ribu lulusan sarjana. Namun tidak semuanya terserap dunia kerja atau memiliki usaha sendiri,” kata Dekan Fisipol UGM, Erwan Agus Purwanto, saat soft-launching program AKM di Digilib Café, Fisipol UGM, Senin (9/7/2018).

Menurut Erwan, setiap tahun di negeri ini ada tambahan pengangguran terdidik sekitar 60 ribu. “Diperlukan langkah terobosan untuk mendidik para sarjana menjadi pendamping atau menjadi calon wirausaha-wirausaha baru,” katanya.

Peminat program AKM batch pertama atau gelombang pertama ternyata membeludak. Sebanyak 1.262 sarjana telah mendaftar untuk ikut andil dalam pengembangan wirausaha pedesaan melalui AKM.

“Peminat program AKM tersebar dari hampir seluruh wilayah di Indonesia. Provinsi Jateng, Jatim, DIY dan NTT merupakan provinsi-provinsi dengan jumlah peminat terbanyak,” kata Erwan.

Rektor UGM Panut Mulyono mengapresiasi program AKM. Menurutnya, program tersebut tidak hanya ditujukan bagi alumni UGM, namun juga terbuka bagi seluruh sarjana di tanah air.

“Kami memberi kesempatan dan mengundang para sarjana untuk menjadi bagian dari gerakan wirausaha nasional berbasis pedesaan. Nantinya diharapkan, para sarjana tersebut untuk akan menjadi kelompok sociopreneurs baru Indonesia,” kata Panut.

Agustus Pendaftaran Baru

Para sarjana yang telah melamar, nantinya dipilih 100 orang dari 30 provinsi untuk menjadi peserta AKM Batch-1. Para peserta terpilih akan mengikuti proses cloning di Yogyakarta selama 10 hari (19-28 Juli 2018). Tujuannya membangun mental, karakter, serta kompetensi dasar kewirausahaan yang dibimbing langsung oleh para mentor yang merupakan para praktisi wirausaha yang telah berhasil.

Proses cloning sendiri berupa inkubasi, pembangunan karakter, dan dialog kebangsaan dengan melibatkan sejumlah kelompok bisnis, filantropi, sociopreneur dan entrepreneur yang telah berpengalaman, pemerintah pusat, pemerintah daerah, AAU Yogyakarta, serta para pelaku sociopreneur internasional.

Selama proses cloning, AKM menyediakan berbagai fasilitas. Mulai dari biaya transportasi dari daerah asal ke Yogyakarta (PP), akomodasi dan konsumsi. “Tidak ada pungutan biaya apapun bagi peserta program ini,” kata Erwan.

Pasca proses cloning, para peserta mengikuti tahap deployment atau diterjunkan ke desa-desa yang menjadi target binaan para mitra AKM. Para mitra AKM adalah lembaga pemerintah dan swasta yang memiliki perhatian dan kepedulian terhadap pembangunan masyarakat pedesaan.

Di desa-desa tersebut, para peserta akan menjalankan peran sebagai pendamping pengembangan wirausaha berbasis potensi masing-masing desa. “Berbekal ilmu yang diperoleh selama proses cloning, mereka diharapkan mampu melakukan pemetaan masalah dan potensi desa serta mengaktivasi masyarakat lokal untuk merintis wirausaha bersama-sama,” papar Erwan.

Bahkan selama masa pengembangan 1 tahun, para peserta akan memperoleh dukungan dari para mitra AKM. “Tidak hanya memberikan bekal berupa keahlian dan kesempatan terjun langsung ke masyarakat pedesaan, AKM juga memberikan kesempatan bagi peserta untuk memanfaatkan jejaring (network) yang dimiliki oleh AKM,” katanya.

Tak hanya itu, setiap inisiasi wirausaha yang berhasil dikembangkan oleh masyarakat desa, AKM memberikan perhatian penuh pada upaya pengembangannya, baik berupa akses teknologi maupun akses pasar.

Kabar baiknya, AKM segera membuka pendaftaran batch berikutnya pada Agustus 2018. Para sarjana bisa mendaftar melalui website https://akmindonesia.org. (bim)