Agar Bertani Jadi Kebanggaan Generasi Muda, Puspa Agro Siapkan Pelatihan Hidroponik

September 10, 2018

Sidoarjo, PMP –  Manajemen Puspa Agro melakukan terobosan agar profesi petani menjadi kebanggaan kawula muda. Menggandeng Dinas Pendidikan Jatim, Puspa Agro bakal memberikan pendidikan dan pelatihan (Diklat) bertani sistem hidroponik bagi pelajar SMA dan SMK se-Jatim.

“Diklat tidak hanya fokus pada pemberian pengetahuan bercocok tanam, tetapi langsung praktik. Tidak hanya itu, peserta juga akan mendapatkan pendampingan hingga mengelola hasil panen dan pemasarannya,” kata Dirut Puspa Agro, Abdullah Muchibuddin, di kantornya, Senin (10/9/2018).

Komitmen antara PT Puspa Agro dan Dinas Pendidikan Jatim untuk pemberdayaan kaum muda agar mengakrabi pertanian dan bisnis hidroponik, telah direalisasi melalui penandatanganan kesepakatan kerja sama (MoU), di Kantor Dinas Pendidikan Jatim, Jl Gentengkali Surabaya, Jumat (10/8/2018).

“Kita coba menanamkan jiwa bangga jadi petani kepada kawula muda lewat bertani hidroponik. Nanti tim akan keliling ke sekolah-sekolah untuk memberikan pelatihan,” kata Udin, sapaan Abdullah Muchibuddin.

Kepala Dinas Pendidikan Jatim Saiful Rachman meminta agar program hidroponik bagi siswa SMA dan SMK secepatnya diaplikasikan karena sangat bermanfaat. Ia meminta para Kepala Dinas Pendidikan kabupaten/kota di Jatim ikut menyosialisasikan ke sekolah-sekolah dan PK-PLK (Pendidikan Khusus-Pendidikan Layanan Khusus). Harapannya, begitu tim masuk semuanya sudah siap.

“Ini program bagus dan tentu menarik bagi anak-anak SMA/SMK. Karena itu, saya minta segera diimplementasikan di lapangan. Kalau perlu ke depan juga dipikirkan untuk siswa tingkat SMP,” kata Saiful.(gus)