Puspa Agro Produksi Keripik Buah, Beri Nilai Tambah Petani

November 16, 2018

Keripik buah produksi PT Puspa Agro. Beri nilai tambah buat petani di Jawa Timur. (Humas Puspa Agro)

Sidoarjo, PMP –  Manajemen PT Puspa Agro melakukan terobosan guna meningkatkan nilai tambah bagi petani. Sejak November 2018, pengelola pusat perdagangan agro di Jatim ini memproduksi aneka keripik buah yang bahan bakunya dihasilkan para petani.

Tak hanya itu, Puspo Agro yang merupakan anak perusahaan BUMD Pemprov Jatim PT Jatim Grha Utama (JGU), juga memproduksi beras dan minyak goreng premium untuk masyarakat.

Berbagai keripik buah yang diproduksi di antaranya keripik apel, keripik salak, keripik nangka, juga keripik belimbing. Untuk tahap awal, masyarakat bisa memperoleh keripik Puspo Agro di pasar modern Transmart di kawasan Surabaya.

Ke depan, Puspa Agro berencana mendistribusikan produk camilan ini ke pasar-pasar modern lainnya, seperti Lottemart, Alfamart, restoran, hingga hotel berbintang. Sementara untuk komoditas beras baru terdistribusi ke para pegawai di jajaran Pemprov Jatim.

Keripik salak produksi PT Puspa Agro. (Humas Puspa Agro)

Memproduksi dan memasarkan produk olahan berbasis agro  merupakan terobosan baru Puspa Agro. Distribusi komoditas olahan Puspa Agro terus dikembangkan dengan jangkauan yang lebih luas. Termasuk terus berupaya menambah varian produknya. Diharapkan pada awal 2019, distribusinya telah menjangkau berbagai daerah di Jatim dengan harga terjangkau.

Sesuai misi yang diemban Puspa Agro, produk olahan berbasis agro atau pertanian bertujuan memberikan nilai tambah bagi para petani di Jatim. Puspa Agro pun menggandeng sejumlah kelompok tani di sentra-sentra produksi buah dan beras di Jatim.

Puspa Agro yang berkantor di Jalan Sawunggaling, Desa Jemundo, Taman, Sidoarjo, telah membangun lapak-lapak atau kios untuk petani dan pedagang. Termasuk memasarkan berbagai hasil panen petani, peternak, dan nelayan secara langsung. Guna meningkatkan nilai ekonomi hasil panen, mulai November 2018 Puspa Agro masuk ke produk olahan. (adv)