Gubernur NA Berharap Sidrap Jaga Posisi Sebagai Lumbung Padi Nasional

Februari 18, 2019

Gubernur Sulsel Prof Nurdin Abdullah menyerahkan bantuan Pemprov Sulsel senilai Rp 14,9 miliar kepada Kabupaten Sidrap yang diterima Bupati Dolla Mando, saat peringatan HUT ke-675 Sidrap, di Kantor Bupati Sidrap , Senin siang (18/2/2019).

Sidrap, PMP – Gubernur Sulawesi Selatan Prof Nurdin Abdullah menyebut Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap) merupakan tumpuan harapan bagi Indonesia dan Sulsel untuk kebutuhan pangan. Sidrap yang selama ini dikenal sebagai lumbung padi nasional harus bisa mempertahankan posisi tersebut.

“Saya ingin menyampaikan kepada kita semua, bahwa Sidrap adalah daerah yang merupakan tumpuan Indonesia dan Sulawesi Selatan.  Jika Sulawesi Selatan merupakan salah satu penyangga pangan nasional, maka Sidarap salah satu lumbung pangan kita,” kata Gubernur Prof Nurdin Abdullah (NA) saat berpidato pada peringatan HUT ke-675 Sidrap, di Kantor Bupati Sidrap, Senin (18/2/2019).

Gubernur NA pun berharap, pemerintahan Kabupaten Sidrap di bawah kepemimpinan Bupati Dolla Mando bisa semakin memacu pembangunan infrastruktur di daerah yang dikenal sebagai penghasilan beras terbesar ini.

“Kita berharap Sidrap memacu diri untuk terus menjaga kelangsungan hidup pertanian Sulawesi Selatan,” kata Gubernur NA yang disambut tepuk-tangan meriah hadirin.

Gubernur NA sempat memaparkan kiat mengatasi masalah debit air untuk pertanian di Sidrap. Kata kuncinya adalahmenyayangi dan menjaga lingkungan, kemudian menopangnya dengan teknologi.

“Saya kira kondisi lingkungan kita sekarang ini sangat berpengaruh terhadap keberadaan air di musim kemarau. Oleh karena itu, kita harus bersama-sama bersinergi menjaga lingkungan untuk menjaga sektor pertanian agar bisa berlangsung secara terus-menerus,” paparnya.

Jika pemerintah dan masyarakat peduli terhadap lingkungan, maka alam dan lingkungan bakal berbalik peduli terhadap mereka yang menempatinya. Dan hal itu bakal memberi dampak positif bagi keberlangsungan Sidrap sebagai salah satu lumbung padi nasional.

Pada peringatan HUT Sidrap tersebut, Gubernur NA menyerahkan bantuan dari APBD Sulsel senilai Rp 14,9 miliar kepada Kabupaten Sidrap. “Bantuan ini harus dimanfaatkan untuk pembangunan infrastruktur agar masyarakat Sidrap bisa menikmati berbagai akses dan fasilitas infrastruktur yang lebih bagus,” ujar Gubernur NA. (bhimo)