PenaMerahPutih.com
Ekbis Headline Teknologi

Gelar Diplomat Success Challenge, Co & Co Hadirkan Dina Dellyana dan Gibran Huzaifah

Bandung, pmp – Perhelatan akbar kompetisi kewirausahaan Diplomat Success Challenge ke-10 (DSC|X) yang digagas oleh Wismilak Foundation digelar di Bandung, Sabtu (29/6/2019)

Roadshow Bandung ini menghadirkan beberapa narasumber mumpuni dibidang kewirausahaan. Mereka adalah Mentor Nasional DSC|X 2019 sekaligus Direktur Bisnis SBM ITB, entrepreneur, dan musisi, Dina Dellyana; Gibran Huzaifah, local hero dan Founder & CEO eFishery, serta Gatot Hendraputra dari Coworking Indonesia.

Ajang ini selalu  meraih antusiasme tinggi kepesertaan dari para wirausahawan muda nasional. Antusiasme juga nampak  sejak dibuka pendaftaran secara daring pada 15 Mei 2019. Kesuksesan ini juga tak lepas dari penyelenggaran perhelatan di Co & Co, sebuah coworking space yang kini berkembang melampaui sekadar tempat bekerja. Bahkan kini menjadi salah satu pusat komunitas kreatif Kota Bandung.

Salah satu penggagas coworking space Co & Co adalah Ongky Andi Saptari. Ia ingin menciptakan ruang kerja dan berkreasi, tempat freelancer, pelancong, wirausahawan, profesional, nomaden digital, pencipta, inovator, mahasiswa, dan komunitas kreatif dapat bekerja bersama, bertemu, berbagi pengalaman, dan menyelesaikan sesuatu. Co & Co dirancang agar para penggunanya dapat membangun jejaring sosial serta peluang kolaboratif. Tujuannya agar bisa membuat dampak sosial-ekonomi yang positif bagi masyarakat.

Penggagas DSC|X sekaligus Marketing Community & Event Manager Wismilak, Edric Chandra  mengatakan Kota Bandung dikenal sebagai tempat berkembang pesatnya industri kreatif. Bandung  menyimpan begitu banyak tidak hanya tokoh wirausahawan muda namun juga potensi munculnya pengusaha muda yang bernas dan berbakat.

“Bandung adalah gudangnya pebisnis muda kreatif! Peserta DSC|X banyak yang berasal dari kota ini. Di dalam roadshow ini, para peserta akan mendapatkan pengetahuan mengenai wawasan kewirausahaan dan informasi terkait dengan mekanisme submisi proposal DSC|X,” katanya.

Lebih jauh Edric menjelaskan bahwa perhelatan DSC|X tahun 2019 ini hadir dengan format baru yang telah disempurnakan dari tahun ke tahun. Format baru tersebut memberikan jangkauan lebih luas kepada calon wirausahawan muda di seluruh Indonesia untuk berpartisipasi.

Tidak hanya mendapatkan hibah sebesar Rp 2 miliar, DSC|X juga memberikan pendampingan mentor-mentor yang mempunyai pengalaman wirausaha dan sukses di bidangnya masing-masing selama masa inkubasi.  “Kami berharap roadshow ini menjadi sebuah ajang yang tidak hanya menginspirasi, namun juga mitra strategis bagi kaum muda yang terjun ke dunia usaha untuk dapat meraih kesuksesan, “ papar  Edric.

Sementara itu, Mentor Nasional DSC|X 2019 sekaligus Direktur Bisnis SBM ITB, entrepreneur dan musisi, Dina Dellyana menyampaikan bahwa ajang DSC|X 2019 memberikan beragam kiat-kiat dan solusi penting dalam menghadapi berbagai tantangan dalam berwirausaha.

Para peserta yang mampu keluar sebagai yang terbaik dalam ajang ini akan mendapatkan hibah modal membiayai mewujudkan bisnisnya. Bandung sebagai salah satu kota sumbernya pelaku usaha kreatif menurutnya bakal memunculkan banyak potensi peserta terbaik, khususnya Bandung memiliki karakter wirausahawan yang membawa sumberdaya & konten lokal yang kuat dalam produk-produk kreatifnya.

Roadshow di Kota Bandung menghadirkan seorang local hero Gibran Huzaifah, founder & CEO eFishery, teknologi pakan ternak cerdas untuk budidaya ikan dan udang. Gibran Huzaifah yang sukses masuk dalam 30 inovator muda Asia berusia di bawah 30 tahun ini punya kepedulian tinggi untuk meningkatkan kehidupan peternak ikan. Forbes menyebut dirinya sebagai entrepreneur pengembang teknologi agrikultur.

Gibran melalui roadshow ini berharap para peserta bisa memulai bisnisnya untuk menyelesaikan permasalahan di masyarakat, bukan sekadar mengikuti trend. Semakin banyak entrepreneur terlibat dan bisa meraih keberhasilan maka mereka akan mampu memberikan dampak positif bagi masyarakat karena bisa menjadi solusi nyata bagi Indonesia.

Lebih jauh Gibran berpendapat bahwa ajang roadshow yang dilaksanakan di 9 kota ini mampu membangun semangat kewirausahaan sekaligus membantu pengusaha lokal di daerah untuk mendapatkan eksposur ke permodalan, mentorship, serta publikasi yang bisa membantu mereka utk lebih maju. Dengan begitu ekonomi lokal bisa berkembang dan kualitas ekosistem disana juga bisa lebih maju.

Roadshow kompetisi DSC|X dilakukan mulai tanggal 21 Mei sampai dengan tanggal 23 Juli 2019 di sembilan kota di Indonesia, yakni Surabaya, Malang, Yogyakarta, Semarang, Bandung, Medan. Makassar, Bali dan Jakarta. Sejumlah Coworking Space dari masing-masing kota seperti, Satu Atap, Ngalup.co, Dagadu Djokdja, CO&CO, Impala Space, CoHive at Clapham, dan Kembali Innovation Hub, DSC|X menghadirkan narasumber seperti mentor nasional dan local heroes untuk berbagi pengetahuan tentang kewirausahaan pada roadshow tersebut.

Sementara, akan ada tiga perguruan tinggi di tiap kota yang turut berpartisipasi pada rangkaian kegiatan di atas, antara lain Institut Teknologi 10 Nopember, Universitas Mahardika, Universitas Ciputra, Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Gajahmada, Universitas Negeri Yogyakarta, dan beberapa perguruan tinggi lainnya.

Setelah dilaksanakan di Bandung, roadshow DSC|X akan hadir di kota Medan (4/7), Makasar (9/7), Bali, (16/7), dan kota terakhir sebagai penutup roadshow adalah Jakarta (23/7). (hps)