Gubernur Sulsel Berharap Bupati Adnan Kembalikan Kejayaan Malino

Juli 13, 2019

Malino, PMP – Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah (NA) berharap Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan Yasin Limpo mengembalikan kejayaan Malino sebagai destinasi wisata. Pemprov Sulsel bakal membantu mempermulus akses jalan menuju Malino dan membuat lahan parkir untuk kawasan wisata.

“Bupati Adnan harus bisa mengembalikan kejayaan Malino sebagai destinasi wisata di masa kolonial. Jika kawasan ini dipoles, pasti hotel bakal tumbuh.  Bahkan saya dengar Swiss-Bell Hotel bakal masuk Malino,” kata Gubernur Nurdin Abdullah (NA) saat membuka festival seni dan budaya ‘Beautiful Malino’ ke-3, di kawasan wisata hutan pinus Malino, Sabtu (13/7/2019).

Beautiful Malino 2019 yang mengangkat tema ‘Romantic’ digelar sejak Jumat (12/7/2019) hingga Minggu (14/7/2019). Selain berbagai atraksi seni di panggung utama, juga digelar karnaval bunga. Sesuai temanya yang Romantic, ditampilkan pula Band Gigi dan Andmesh Kamaleng.

Menurut Gubernur NA, Malino dikenal oleh rakyat Indonesia berkat lahirnya Deklarasi Malino pada 20 Desember 2001. Deklarasi Malino merupakan kesepakatan damai antara dua kelompok agama yang bertikai di Poso, Sulawesi Tengah. Pertikaian selama tiga tahun berakhir berkat kerja tim mediator yang dipimpin Jusuf Kalla, yang saat itu masih menjabat Menko Kesra.

Guna mendukung Bupati Adnan memoles Malino, Gubernur NA bakal membantu mempermulus jalan dari ibukota Gowa Sungguminasa ke Malino. “Sepertinya lahan parkir juga belum ada. Biar Pemprov Sulsel yang bakal membangunnya,” kata Gubernur NA disambut meriah warga.

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah didampingi Bupati Gowa Adnan Purichta menabuh gendang menandai dibukanya Beautiful Malino 2019, festival seni dan budaya, di kawasan hutan pinus, Malino, Sabtu (13/7/2019).

Pada kesempatan itu, Bupati Adnan menyampaikan bahwa dua kali penyelanggaran Beautiful Malino terbukti meningkatkan jumlah wisatawan domestik ke Malino. Maka tahun ini kembali digelar Beautiful Malino ke-3.

Kedatangan para turis lokal telah menggeliatkan perekonomian warga Malino yang menggantungkan hidup dari bisnis pariwisata. Oleh sebab itu, Bupati Adnan berharap agar Gubernur NA memperjuangkan Beautiful Malino masuk kalendar wisata nasional.

“Kami sangat paham bahwa Pak Gubernur memiliki koneksi yang sangat bagus ke pemerintah pusat. Oleh sebab itu, kami berharap agar Pak Gubernur membantu melobi Kementerian Pariwisata agar Beautiful  Malino masuk dalam kalender wisata nasional,” katanya.

Gubernur NA menyanggupi permintaan Bupati Adnan. “Sudah saatnya Pemprov Sulsel dan Pemkab Gowa bergandeng tangan menata dan memoles agar Malino menjadi obyek tujuan wisata nasional dan bahkan internasional,” tegasnya.(bhimo)