Bersepeda dan Ide Wisata Kanal Gubernur Sulsel

Juli 20, 2019

 

Makassar, PMP – Gubernur Sulsel Prof  Nurdin Abdullah (NA) agaknya tak pernah melewatkan waktu tanpa kerja. Bahkan saat senggang di sore hari menunggu malam resepsi pembukaan kegiatan Forum Anak Nasional pada Jumat (19/7/2019), dia memilih bersepeda berkeliling kota.

Tanpa jadwal protokoler, setelah shalat Ashar, Prof NA tiba-tiba keluar Rumah Jabatan (Rujab) Gubernur dengan setelan training dan menuntun sepeda. Para ajudan dan walpri pun segera mengeluarkan sepeda dan melepas baju batik yang masih menempel di badan. Mereka menggantinya dengan kaos dan training menyesuaikan dengan kostum Gubernur NA.

“Ayo berangkat,” kata Gubernur NA yang segera meluncur dari pintu belakang Rujab. Dia hanya dikawal oleh empat ajudan dan walprinya yang ikut bersepeda.

Keluar pintu belakang Rujab di Jl Sungai Tangka, Gubernur mengayuh sepeda melalui Jl Sungai Saddang- Jl Arief Rate-Jl Penghibur-Metro. Kayuhannya berhenti di lokasi Central Point of Indonesia (CPI) dekat Pantai Losari. Jarak tempuh dari Rujab sekitar 4 km.

Sesampai di CPI yang merupakan areal reklamasi di lepas Pantai Losari, Gubernur NA meninjau Masjid 99 Kubah. Warga yang kebetulan berada di dekat Masjid 99 Kubah berdatangan mendekat. Gubernur dengan suka hati berdialog dengan mereka.

Saat dialog itulah, terlontar gagasan dari Gubernur NA untuk membuat wisata kanal antara pulau reklamasi CPI dan Pantai Losari. Wisata kanal seperti di Venesia Italia atau Amsterdam Belanda itu, bakal disiapkan perahu wisata berpenumpang 12 – 15 orang.  Sementara di kanal dekat Masjid 99 Kubah, bakal dibangun pelabuhan untuk wisata ke pulau-pulau nan indah di lepas Pantai Losari.(gading)