PenaMerahPutih.com
Headline Sehat Cantik Tren

Tips Ikuti Herbalife Bali International Triathlon 2019

Triatlit nasional Andy Wibowo (tengah) bersama Pelari Nasional Ridwan (ke-4 kanan) berbincang dengan Peserta Brick Training di Surabaya, Sabtu (14/09).

Surabaya, pmp – Perusahaan nutrisi global, Herbalife Nutrition Indonesia, kembali menjadi sponsor utama Bali International Triathlon 2019 untuk kelima kalinya. Event tahunan ini akan diselenggarakan di Pantai Mertasari, Sanur, Bali pada 10 November 2019.

Menjelang event tersebut Herbalife Nutrition Indonesia menggelar Brick Training, sekaligus ajang gathering dan coaching clinic komunitas pencinta olahraga triahlon Surabaya di Build a Bike, kawasan Mayjen Sungkono, Surabaya, Sabtu (14/9)

Pada kesempatan ini, Herbalife Nutrition menghadirkan Triathlet Nasional Andy Wibowo dan Ridwan untuk berbagi pengalaman serta tips dan trick triathlon bagi komunitas.

“Kompetisi olahraga ini terdiri dari serangkaian olahraga, yaitu renang, balap sepeda, dan lari. Di lap terakhir, yakni lari, ini biasanya sering terjadi kram,” ungkap Andy.

Untuk mengikuti olahraga berdurasi Panjang seperti lari 42 K atau triathlon ini, para peserta harus memahami pentingnya persiapan sebelum mengikuti triathlon.  Seperti medical check dan latihan regular jauh-jauh hari. Termasuk pentingnya pemanasan menjelang kompetisi.

“Jangan kompetisinya start jam 5, kita datangnya jam 5 pas. Kita jadi nggak punya waktu leluasa untuk pemanasan dulu, padahal itu harus,” kata Andy.

Selain persiapan fisik juga persiapan nutrisi, Andy menganjurkan untuk mengonsumsi sodium, satu-dua hari menjelang kompetisi. Begitu juga saat kompetisi berlangsung, jangan lupa untuk mengantongi sodium berupa tablet garam atau garam himalayan.

Baca Juga :   Hidup Sehat dan Bahagia Ala Herbalife Nutrition

“Sodium itu membantu untuk mengurangi atau menghindari kram. Saat race durasi Panjang, terutama  lokasi panas seperti negeri tropis ini, otomatis tubuh berkeringat. Nah ketika kita berkeringat hebat, kita melepas semua mineral tubuh salah satunya sodium. Jadi kita perlu mengkonsumsi sodium sebagai pengganti mineral yang telah keluar,” papar Andy

Kram, lanjut Andy biasanya terjadi karena overuse muscle dan kekurangan nutrisi. Konsusi sodium menjadi salah satu cara melengkapi kebutuhan nutrisi saat melakukan olehraga berdurasi panjang.

Senior Director dan General Manager, Herbalife Nutrition Indonesia Andam Dewi mengatakan bahwa Herbalife Bali International Triathlon 2019 ini telah memasuki gelaran ke-12 sejak pertama kali diadakan pada 2007. Tahun ini, Herbalife Nutrition kembali menjadi title naming sponsor kelima kalinya. “Kami sangat bangga dapat menjadi bagian dari event olahraga yang memadukan tiga cabang olahraga yaitu berenang, berlari dan sepeda berskala internasional ini. Sekaligus, event ini menjadi kontribusi kami dalam mengembangkan sport tourism dan mempopulerkan olahraga triathlon di Indonesia,” katanya.

Baca Juga :   Herbalife Bali International Triathlon 2017 Siap Digelar

Perjalanan gelaran Herbalife Bali International Triathlon mendapat sambutan yang cukup positif dari pecinta triathlon di tanah air. Hal tersebut dibuktikan, pada 2019 komposisi peserta dari Indonesia sebanyak 80%. Dibanding saat tahun-tahun pertama event ini diselengarakan yang masih didominasi oleh triatlit dari luar negeri. Sementara  tahun 2019, peserta Herbalife Bali International Triathlon diikuti oleh triatlit dari 29 negara termasuk Indonesia.

“Animo penggemar olahraga triathlon di tanah air pada gelaran Herbalife Bali International Triathlon 2019 ini menunjukkan tren yang positif. Sebanyak 2.250 peserta akan mengikuti ajang olahraga internasional yang akan melombakan tiga kategori ini diantaranya; Olympic Distance Course (Renang 1,5 kilometer, Sepeda 40 kilometer, Lari 10 kilometer), Sprint Distance Course (Renang 500 meter, Sepeda 20 kilometer, Lari 5 kilometer) dan 5K Fun Run. Tak ketinggalan beberapa nama tenar seperti anggota pelatnas triathlon nasional Jauhari Johan dan Eva Desiana, aktris dan triatlit Kelly Tandiono dan triatlit nasional Inge Prasetyo,” terang Perwakilan Race Management Herbalife Bali International Triathlon 2019, Ferry Surya.

Beragam prestasi telah mewarnai event olahraga yang telah diadakan sejak 2007 ini. Diantaranya mendapat  penghargaan “Best Triathlon Run Course in Asia 2018” dari Majalah Triathlon AsiaTri serta sebagai “Best Triathlon Event 2018” dari komunitas lari dan triathlon terbesar di Indonesia Sportactiva.

Baca Juga :   Herbalife Nutrition Kembali Gelar Virtual Run 2021

Ferry menambahkan, keamanan dan kenyamanan peserta tetap menjadi prioritas pada penyelenggaraan Herbalife Bali International Triathlon 2019 ini. Untuk itu, dukungan dari Pemerintah Daerah, pemuka dan masyarakat adat serta aparat keamanan pada event ini sangat diapresiasi dan disyukuri oleh Race Management.

Selain itu, race management juga berusaha mengakomodir masukan dari berbagai pihak serta pengalaman dari tahun-tahun sebelumnya yang bertujuan menciptakan keamanan dan kenyamanan peserta dengan melakukan beberapa modifikasi pada jalur lomba.

“Dengan semakin meningkatnya jumlah peserta Herbalife Bali International Triathlon 2019 merupakan salah satu bukti meningkatnya perkembangan dan peminat olahraga triathlon di Indonesia serta diharapkan dapat memperkuat citra positif Indonesia sebagai tujuan utama untuk sport tourism global. Kami berharap di masa depan event ini dapat terus menjadi pilihan berolahraga masyarakat sehingga tujuan kami untuk membudayakan gaya hidup sehat aktif dapat terwujud,” pungkas Andam. (hps)