Dandim Purbalingga Pimpin Pemadaman Kebakaran Hutan Lereng Gunung Plana

September 20, 2019

Purbalingga, PMP – Dandim 0702/Purbalingga Letkol Inf Yudi Novrizal SIP MHan memimpin upaya memadamkan kebakaran hutan di lereng Gunung Plana pada Rabu (18/9/2019). Api membakar areal seluas sekitar 8 hektare milik Perhutani KPH Banyumas Timur di ketinggian 357 meter dpl.

“Alhamdulillah setelah hampir tiga jam api berhasil dipadamkan. Semuanya berkat gotong-royong antara pihak terkait dengan warga desa,” kata Dandim Letkol Inf Yudi Novrizal, saat dihubungi pada Jumat (20/9/2019).

Kebakaran mulai diketahui warga Dusun Blawong, Desa Ponjen, Kecamatan Karanganyar, Purbalingga, sekitar pukul 11.15 WIB. Mereka melihat asap mengepul dari lahan milik Perhutani. Setelah yakin telah terjadi kebakaran di petak 17E3, mereka pun segera melapor.

Pada pukul 14.00 WIB, Dandim 0702 beserta personil gabungan yang terdiri dari sekitar 100 orang tiba di lokasi kebakaran. Mereka berasal dari Koramil Karanganyar, Polsek Karanganyar, BPBD, Satpol PP, serta PMI Purbalingga.

Mereka pun bahu-membahu bersama karyawan Perhutani dan warga desa memadamkan api. Sekitar pukul 17.40 WIB, api berhasil dipadamkan.

Turut terlihat dalam upaya pemadaman adalah Kepala Pelaksana BPBD Purbalingga Umar Fauzi, Kabid Pemadam Kebakaran dan Linmas Satpol PP Kab Purbalingga Ari Wibowo, juga anggota DPRD Kab Purbalingga H In’am Birohmatilah dari FPPP.

“Kami menduga api disebabkan putung rokok yang dibuang sembarangan. Oleh sebab itu kami menghimbau masyarakat agar tak sembarangan membuang putung rokok saat melintasi hutan,” kata Dandim Letkol Yudi Novrizal.(Tri Juliani)