PenaMerahPutih.com
Ekbis Headline Teknologi

XL Axiata Pilih Huawei Sebagai Mitra Jaringan 5G

Shenzhen, pmp – Sebagai wujud  komitmen, sekaligus upaya menyongsong hadirnya era digital di Indonesia, PT XL Axiata Tbk bersama Huawei Technology menandatangani kesepakatan kesiapan next-generation Core Network di ibu kota negara Indonesia, Jakarta.

Prosesi penandatangan kesepakatan kerja sama dilakukan oleh Dian Siswarini, Presiden Direktur & CEO XL Axiata, dan Jacky Chen, Chief Executive Officer Huawei Indonesia. Prosesi penandatanganan tersebut berlangsung di kantor pusat Huawei di Bantian, Shenzhen dan disaksikan oleh Tian Feng, President of Asia Pacific Huawei, Jumat (25/10).

“Kesepakatan tersebut menjadi tonggak bagi perjalanan dan komitmen XL Axiata dalam mendukung perkembangan gaya hidup digital di Indonesia. Sekaligus  mendorong tumbuhnya inovasi, serta sebagai bentuk kontribusi dalam turut mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia,” kata Dian Siswarini, Presiden Direktur & CEO XL Axiata, dalam rilisnya Jumat (25/10).

Kehadiran teknologi 5G generasi masa depan sangat krusial. Pasalnya, kapabilitas yang dihadirkan luar biasa seperti kecepatan yang sangat tinggi, angka latency yang begitu rendah, serta konektivitas yang luas.

Baca Juga :   Lawan COVID-19, Huawei Cloud Gratiskan Semua Layanan

Core network memiliki peran yang sangat esensial dalam mendukung dihadirkannya layanan-layanan tersebut, terutama di Jakarta sebagai ibu kota negara Indonesia. Nantinya, core network 5G upgradable berbasis cloud dan telah tervirtualisasikan ini diharapkan dapat mendukung XL Axiata dalam mengelola lalu lintas di jaringan 2G, 3G, dan 4G dengan satu core network.

“Indonesia, saat ini tengah berada di masa transisi menuju era digital. Kami melihat tingginya pertumbuhan kebutuhan data, baik di pulau Jawa maupun di luar area tersebut. Selama dua tahun ini, XL Axiata menjadi operator dengan pertumbuhan tercepat di Indonesia dan dianggap sebagai penyedia layanan yang paling disukai oleh pelanggan. Kami berkomitmen untuk terus berinovasi termasuk di bidang jaringan guna memperkuat posisi kami di pasar, sekaligus memenuhi kebutuhan-kebutuhan pelanggan yang terus meningkat,” kata Dian.

Baca Juga :   Cap Go Meh, XL Axiata Tambah Kapasitas Jaringan

15 Tahun Kemitraan

Dian melanjutkan, saat ini Huawei merupakan salah satu perusahaan teknologi terdepan di kancah 5G. Terlebih, kemitraan yang terjalin bersama Huawei sudah berlangsung cukup lama, bahkan sejak dimulainya era jaringan 2G.

“Kami bangga dapat terus menjaga keharmonisan kemitraan kami bersama Huawei dan menempatkan Huawei sebagai mitra penting bagi kami dalam menghadirkan teknologi dan layanan kepada pelanggan,” katanya.

Jacky Chen, Presiden Huawei Indonesia, mengatakan XL Axiata dan Huawei baru saja merayakan 15 tahun kemitraan bersama. “Kami merasa terhormat dapat mendukung XL Axiata menjadi salah satu operator data terdepan di Indonesia,” katanya.

Di lain pihak, sebagai wujud komitmennya yang tinggi, Huawei telah tumbuh menjadi sebuah entitas lokal dengan 82 persen tenaga kerjanya diisi oleh talenta-talenta lokal.

Baca Juga :    myPRIOHOME, Gabungkan XL PRIORITAS dan XL HOME

“Kami yakin bahwa dengan didukung oleh infrastruktur digital yang canggih, Indonesia berada di jalur yang tepat untuk mencapai tingkat pertumbuhan ekonomi yang diidamkan. Kami juga berkomitmen untuk terus berkontribusi dan mendukung Indonesia melalui teknologi dan layanan mutakhir yang kami hadirkan,” kata Jacky.

XL Axiata merupakan operator pertama yang menghadirkan layanan 4G di Indonesia dan gencar dalam memanfaatkan teknologi mutakhir dalam rangka menghadirkan layanan yang lebih bagi bagi para pelanggan.

Di tahun 2018, XL Axiata telah menyelenggarakan uji coba 5G. Di bulan Februari 2019, XL Axiata dan Huawei menandatangani Nota Kesepahaman untuk membangun jaringan transport siap 5G tersimplifikasi yang pertama di Asia Tenggara.

Dengan ditandatanganinya kesepakatan untuk kesiapan jaringan inti generasi masa depan ini, XL Axiata berharap bisa menjadi penyedia layanan data terpilih dengan didukung jaringan data terkuat. (hps)