PenaMerahPutih.com
Ekbis Headline Teknologi

Mbiz Tingkatkan Kompetensi Ekosistem Pengadaan

Jakarta, pmp – Pemerintah mendorong semua sektor melakukan transformasi digital yang diyakini mampu meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan kompetensi, termasuk bidang pengadaan barang dan jasa. Kebijakan ini sebagai upaya mewujudkan lima besar kekuatan ekonomi digital dunia.

Selain itu, untuk menjawab isu-isu penting tata kelola sebuah bisnis atau organisasi seperti isu integritas, transparansi, akuntabilitas, serta kelengkapan dan kepatuhan terhadap regulasi, digitalisasi di bidang pengadaan atau e-procurement. Sekaligus efektif dalam menjawab isu produktivitas dan kelangsungan bisnis terkait dengan kompleksitas proses pengadaan barang dan jasa.

“Misi Mbiz adalah memberi solusi efektif bagi perusahaan atau organisasi agar mampu menjawab tantangan dan kebutuhan di bidang pengadaan. Platform Mbiz kami desain sebagai marketplace B2B yang tak sekadar menjadi tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk bertransaksi, namun juga dilengkapi dengan solusi e-procurement yang lengkap, manajemen supply, serta dukungan dari lembaga pembiayaan. Perusahaan dan organisasi dapat memanfaatkan fitur-fitur Mbiz.co.id maupun Mbizmarket tanpa dikenai biaya,” ujar Herdian Yoki, Chief Technology Officer (CTO), Mbiz.

Herdian menambahkan, Mbiz memiliki komitmen tinggi dalam memberikan solusi efektif kepada dunia usaha dalam menjawab dinamika di bidang pengadaan B2B. Untuk itu, Mbiz terus mengembangkan fitur-fitur dan kapabilitasnya.

Baca Juga :   Bisa Hemat Rp 6 Miliar, Mbiz Hadirkan Platform e-Procurement  

Mbiz juga unik. Sebagai pionir, Mbiz tak sekadar membangun platform marketplace B2B untuk kebutuhan pengadaan produk atau barang untuk kantoran saja seperti yang ditawarkan oleh marketplace pada umumnya, namun juga menyediakan berbagai jasa untuk kebutuhan bisnis, seperti EO, SDM alihdaya, jasa kebersihan dan keamanan kantor, produksi barang-barang terkustomisasi, dan lain-lain. Lengkapnya jenis kebutuhan bisnis yang dihadirkan Mbiz menjadikan platform ini layak disebut sebagai trendsetter di kancah Marketplace B2B.

Mengapa disebut sebagai trendsetter? Sebab, Mbizmarket adalah marketplace B2B pertama di Indonesia yang menawarkan langsung tiga solusi utama, yaitu solusi transaksional, direktori, dan e-procurement, untuk menjawab tantangan-tantangan yang dihadapi perusahaan dalam pengadaan B2B secara digital.

Solusi transaksional memberikan pilihan-pilihan sistem yang memudahkan pembeli dan penjual dalam bertransaksi B2B untuk kepentingan pengadaan. Solusi ini meliputi opsi pembayaran berjangka (Terms of Payment), sistem pembelian kontraktual untuk pembeli, serta sistem pendanaan lewat pinjaman atau pembiayaan dari mitra finansial Mbiz. Solusi ini membuka peluang besar bagi bisnis untuk makin memberdayakan dan mengembangkan usahanya, serta menjadi keunggulan Mbiz yang tidak ditemukan pada platform B2B lainnya.

Baca Juga :   MBiz Siap Dorong Akselerasi Bisnis UMKM 

Solusi direktori memudahkan pembeli untuk menemukan penjual dari seluruh pelosok Indonesia untuk memenuhi kebutuhan akan barang dan jasa. Solusi ini juga membantu penjual untuk memasarkan produk dan layanan jasa mereka secara digital. Mbiz menyediakan ruang bagi beragam barang dan jasa lewat penyediaan katalog Mbizmarket yang terdiri dari 10 kategori barang (alat kantor, alat industri, dan lain-lain), dan 9 kategori jasa (tenaga spesialis, instalasi/pemeliharaan, hingga barang terkustomisasi). Penyediaan kebutuhan jasa pada platform marketplace B2B merupakan terobosan baru yang digagas oleh Mbiz.

Solusi e-procurement yang hadir dalam ekosistem Mbizmarket juga disediakan selengkap di platform pendahulunya, Mbiz.co.id. Kini, pebisnis skala kecil dan menengah dapat mengadopsi sistem e-procurement pada bisnis mereka. Sebagai enabler terselenggaranya e-procurement, Mbizmarket diharapkan bisa memberikan edukasi kepada para pebisnis pemula tentang pentingnya pencatatan dan penyimpanan dokumen dari seluruh transaksi secara digital.

Mbizmarket menyediakan fitur-fitur pendukung proses e-procurement seperti Budget Control, Spending Report & Analytics, Order & Fulfilment Tracking, hingga Digital Approval. Fitur-fitur tersebut menjadikan setiap transaksi Business-to-Business (B2B) untuk keperluan pengadaan barang dan jasa yang dilakukan melalui platform Mbiz tercatat dan 100% dapat diaudit.

Baca Juga :   MBiz Siap Dorong Akselerasi Bisnis UMKM 

Mbizmarket juga menjadi platform marketplace B2B yang ideal bagi dunia usaha dalam melakukan transaksi bisnis untuk kebutuhan pengadaan barang dan jasa. Marketplace B2B yang dengan solusi total e-procurement total ini menampilkan perbandingan harga untuk barang atau jasa yang dicari dalam satu halaman. Perusahaan pembeli dan perusahaan penjual juga difasilitasi fitur untuk melakukan negosiasi dalam koridor interaksi yang tetap terjaga transparansinya.

“Perusahaan dari skala enterprise hingga UMKM dapat bergabung dengan Mbiz sebagai vendor barang dan jasa untuk kebutuhan dunia usaha. Terutama bagi UMKM yang menyediakan produk-produk terkustomisasi atau jasa layanan yang spesifik, transaksi B2B melalui Mbizmarket berpotensi mendorong peningkatan kapasitas dan performa bisnisnya. Sebab, rata-rata transaksi untuk kebutuhan e-procurement B2B berkuantitas besar. Mereka tak perlu membangun toko online sendiri. Cukup bergabung dengan Mbizmarket, mereka berpotensi menangkap peluang transaksi yang besar,” ungkap Herdian. (hps)