Kandidat Miss Inggris 2020 Teserang Stroke di Usia 22 Tahun

Desember 24, 2019

Freya Ayub (22) bakal menjadikan ajang Miss Inggris untuk menggugah kepedulian orang bahwa stroke juga menyerang mereka yang berusia muda.(Mercury Press and Media)

Jakarta, PMP – Freya Ayub, mahasiswi biologi yang juga salah satu kandidat Miss Inggris 2020, terserang stroke pada Juni 2019 di usia yang baru 22 tahun. Namun dia bertekad pulih dan bisa bersaing pada kontes pemilihan Miss Inggris yang digelar Juni 2020, mengikuti jejak pemenang Miss Inggris 2019 dr Bhasha Mukherjee (24) yang keturunan Inggris-India.

Freya kini dalam pemulihan setelah sempat tidak bisa berjalan akibat stroke yang bahkan hampir merenggut nyawanya. Namun dia telah mendaftar di ajang kontes Miss Inggris 2020 dan bertekad bakal mampu berjalan di catwalk pada putaran pertama kontes tersebut.

“Terlepas dari masalah di lututku, aku memberanikan diri mendaftar di kontes Miss Inggris dan ingin membuktikan bahwa aku baik-baik saja setelah terserang stroke,” kata Freya yang tinggal di Rotherham, Yorkshire, Inggris, seperti dikutip dailymail.

Freya mengaku heran dengan serangan stroke yang dialaminya di usia yang baru 22 tahun. Sebab dirinya bugar, banyak berolah raga dan sama sekali tidak mengalami tanda-tanda serangan stroke seperti wajah terkulai atau berbicara cedal sebelum kejadian.

Freya menunjukkan foto saat harus terbaring di rumah sakit yang justru menyebabkan problem di lututnya karena terlalu lama berbaring. (Mercury Press and Media)

Baca juga: Remaja 17 Tahun Tewas Akibat Stroke, RS Tak Deteksi Awal Stroke Iskemik

Freya dilarikan ke rumah sakit pada Juni 2019 setelah tekanan darahnya turun drastis. Saat itu, Freya memang harus berbaring di rumah karena serangkaian sakit kepala yang dideritanya.

Dia membutuhkan perawatan lima minggu di rumah sakit dan praktis tak bisa bergerak. Hal itu justru memunculkan persoalan di lutut karena terlalu lama berbaring di ranjang.

Para dokter menyatakan bahwa stroke yang dialami Freya termasuk stroke langka dan mereka belum menemukan penyebabnya. Freya masih harus rutin memeriksakan diri tiga bulan sekali untuk dipantau kondisinya.

Baca juga: Apakah Stress Bisa Memicu Stroke?

Kini, Freya semakin mantap dengan cita-citanya mengikuti jejak dr Bhasha Mukherjee yang menang Miss Inggris 2019 dan menjadi perwakilan Inggris di ajang Miss World 2019. Freya sangat percaya diri meski tidak memiliki pengalaman sebagai model atau mengikuti kontes.

“Saya sangat terinspirasi dengan pemenang Miss Inggris tahun ini dan saya pikir itu akan menjadi cara yang luar biasa untuk berbagi cerita tentang stroke yang saya alami,” katanya.

Freya berharap pengalamannya bisa menjadi pelajaran bagi semua orang. “Hal terpenting adalah kesadaran buat semuanya, karena ternyata masih banyak orang yang tidak menyadari bahwa stroke juga menyerang mereka yang masih berusia muda,” pungkasnya. (bhimo)