Dongkrak Sejuta Nasabah Milenial, Bank Jatim Launching JatimPay

Desember 28, 2019

Pgs Dirut Bank Jatim Ferdian Timur Satyagraha (kedua dari kiri) bersama jajaran Direksi Bank Jatim memperlihatkan aplikasi JatimPay saat media gathering dengan wartawan di Surabaya, Sabtu (28/12/2019).

 

Surabaya, PMP – Bank Jatim bakal meluncurkan aplikasi JatimPay yang dijamin friendly bagi seluruh pengguna dan tak dikhususkan buat nasabah. Tujuan utamanya menggaet kalangan milenial melalui pengembangan teknologi yang canggih dan aplikatif.

“Pada penghujung tahun 2019 ini, kami telah menyiapkan berbagai inovasi produk dan layanan digital yang akan diluncurkan di awal tahun 2020. Salah satunya JatimPay,” kata Pgs Dirut Bank Jatim Ferdian Timur Satyagraha, saat media gathering dengan wartawan di Surabaya, Sabtu (28/12/2019).

Menurut Ferdian, aplikasi JatimPay yang merupakan fasilitas sistem pembayaran atau uang elekronik bisa diunggah melalui Play Store. JatimPay bakal memiliki fungsi seperti aplikasi Gopay yang telah familiar di masyarakat.

Sudah ada enam merchant yang berkerjasama dengan JatimPay, di antaranya Gojek, Gopay, atau Grab. JatimPay bakal menyediakan fitur pembelian pulsa, pembayaran PLN, Tekom, PDAM, dan sebagainya.

JatimPay yang telah mengantongi lisensi penyelenggara uang elektronik dari Bank Indonesia, sebenarnya merupakan pengembangan aplikasi Jatimcode berbasis QR code dan telah mengandeng 8.000 merchant yang tersebar di Jawa Timur, Jakarta dan Batam. Tiga bulan setelah diluncurkan Maret 2019, JatimCode mampu mencatat transaksi Rp 1,9 miliar.

JatimPay yang ditargetkan mengulang kesuksesan JatimCode, bakal terhubung dengan sistem pembayaran yang terintegrasi, yakni QRIS (Quick Response [QR] Code Indonesian Standard). Seperti diketahui, Bank Indonesia telah mewajibkan seluruh penyedia layanan pembayaran nontunai agar menggunakan QRIS mulai 1 Januari 2020.

“Pada Senin (30/12/2019), Bank Jatim dengan OJK dan Bupati Banyuwangi akan launching QRIS di pantai wisata Bangsring,” kata Ferdian.

Peningkatan layanan teknologi Bank Jatim di awal 2020, diharapkan bakal mendongkrak jumlah nasabah dari kalangan milenial yang saat ini jumlah sejuta dari total lima juta nasabah.

“Target kami memang membidik nasabah milenial, serta mereka yang berada pada posisi sukses,” katanya.

Guna merangsang minat milenial, selain JatimPay, Bank Jatim juga menyiapkan dua inovasi teknologi lainnya, yakni rekening bank online dan kredit online.

Melalui tiga inovasi produk layanan digital tersebut, Bank Jatim bertekad mempertahankan capaian pertumbuhan di atas pertumbuhan industri di tahun 2020, sebagaimana capai 2019.

“Posisi terakhir kita, pertumbuhan mencapai 15 persen atau di atas pertumbuhan industri yang hanya di kisaran 7 persen sampai 8 persen,” pungkasnya.(hps)