PenaMerahPutih.com
Ekbis Headline Indeks Teknologi

XL Axiata Sosialisasi Pemanfaatan Layanan Data kepada Nelayan Pesisir Barat Lampung

Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal (kedua dari kanan) menyerahkan paket aplikasi Laut Nusantara kepada warga nelayan di sela-sela peresmian jaringan 4G Universal Service Obligation (USO) milik XL Axiata di Desa Desa Bandar Dalam, Kecamatan Bengkunat Belimbing, Kabupaten Pesisir Barat, Lampung, Selasa (14/1/2020).

Lampung, pmp – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) menyelenggarakan kegiatan sosialisasi dan edukasi pemanfaatan layanan data secara produktif kepada masyarakat Pesisir Barat. Agenda tersebut bersamaan peresmian beroperasianya BTS 4G jaringan USO di Desa Bandar Dalam, Kecamatan Bengkunat Belimbing, Kabupaten Pesisir Barat, Lampung, pada Selasa (14/1/2020)

Menurut Group Head XL Axiata West Region, Desy Sari Dewi kegiatan tersebut meliputi sosialisasi penggunaan aplikasi Laut Nusantara bagi warga nelayan setempat. Sosialisasi diikuti oleh sekitar 50 nelayan, yang diharapkan para peserta selanjutnya akan mengajarkannya kepada kelompoknya masing-masing.

“Penggunaan suatu aplikasi digital yang bisa membantu menunjukkan lokasi keberadaan ikan adalah sesuatu yang sangat baru bagi mereka. XL Axiata akan terus melakukan sosialisasi program kepada daerah dengan komunitas nelayan di wilayah Kabupaten Pesisir Barat,” kata Desy Sari Dewi dalam rilisnya, Rabu (15/1/2020).

Baca Juga :   Trafik Naik, XL Axiata Perluas Jaringan 4G dan Fiberisasi

Selanjutnya, tim XL Axiata juga memberikan edukasi pemanfaatan layanan digital dan internet bagi masyarakat setempat, terutama kaum perempuan dan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), melalui program edukasi Sisternet.

Edukasi diikuti sekitar 50 orang termasuk istri nelayan dan ibu rumah tangga lainnya. Materi pelatihan meliputi pemanfaatan internet untuk pemasaran produk, sumber informasi, serta pemanfaatan sosial media.

Untuk dunia pendidikan, XL Axiata tidak lupa menyalurkan program Gerakan Donasi Kuota (GDK) untuk sekolah yang berada di Desa Bandar Dalam, yaitu SMA 2 Bangkunat Belimbing, Desa Bandar Dalam, Pesisir Barat, Lampung.

“Dengan donasi kuota data ini, kini para pelajar dan guru di sekolah tersebut bisa langsung mengakses internet cepat untuk menunjang kegiatan belajar mengajar,” pungkasnya.

Baca Juga :   XL Axiata Buyback Saham Hingga Rp 500 Miliar

Penggunaan data di Lampung juga terus tumbuh signifikan. Tercatat pada saat Natal dan Tahun Baru 2020, trafik data meningkat 13% dari kondisi normal.

Tercatat lebih dari 24 ribu BTS, termasuk sekitar 18 ribu  BTS data (3G & 4G) di seluruh Sumatera dan kepulauan sekitarnya yang menjangkau lebih dari 150 kota/kabupaten. Saat ini jumlah pelanggan XL Axiata di Sumatera mencapai sekitar 19% dari jumlah pelanggan nasional, dengan jumlah pelanggan data mencapai lebih dari 95%. (hps)