PenaMerahPutih.com
Ekbis Headline Indeks Properti

Pengamat: Perubahan Demografis Picu Pergeseran Tren Properti di Kota Sydney

Jakarta, pmp – Pasar properti Sydney sedang dalam arah yang tepat untuk kembali bangkit. Pergerakan ini  berdasarkan data selama 12 bulan terakhir hingga Desember 2019.

Demikian diungkapkan Michael Yardney, seorang penasehat investasi terkemuka serta penulis buku-buku terlaris di Australia, memberikan ulasannya perihal perkembangan pasar properti kota Sydney untuk tahun 2020.

“Bahkan selama 40 tahun terakhir, pertumbuhan rata-rata properti yang terjadi di kota Sydney mencapai 7,4% yang artinya adalah banyak properti yang nilai nya menjadi dua kali lipat di setiap dekade,” kata Michael Yardney dalam keterangan tertulisnya, Senin (24/2/2020).

Pada bulan November 2019 SQM Research yang merupakan badan penelitian investasi terlemuka di Australia memperkirakan harga rumah tapak dan hunian vertikal kota Sydney akan tumbuh sebesar dua digit pada tahun 2020.

Sebagai informasi, harga 1 unit apartemen tipe 1 kamar tidur di V by Crown Group di Parramatta pada tahun 2014 adalah Rp 6,25 milyar dan tahun 2018 sudah bernilai Rp 7,65 milyar. Sementara tipe unit apartemen 1 bed + study di Skye by Crown Group di North Sydney pada tahun 2013 adalah Rp 7,6 milyar dan pada tahun 2018 sudah mencapai Rp. 9,67 milyar.

Baca Juga :   Ekspansi Global, Crown Bangun Proyek Prestisius di Melbourne

“Namun yang perlu dicermati adalah pergeseran tren properti yang sangat dipengaruhi oleh perubahan demografis,” imbuh Michael.

Menanggapi ulasan Michael Yeardney, CEO dan pendiri Crown Group, Iwan Sunito, mengungkapkan bahwa pergeseran tren hunian di Sydney sudah terasa dalam 2 dekade terakhir.

Pertumbuhan penduduk yang pesat mengakibatkan bertambahnya jumlah tenaga kerja usia muda yang memiliki preferensi tersendiri untuk hunian tempat tinggal. Hal ini menyebabkan semakin besarnya golongan usia produktif yang lebih menyukai hunian berukuran kompak yang dekat dengan tempat mereka bekerja dan dikelilingi oleh pusat perbelanjaan dan kuliner.

“Dan, ini mengakibatkan tergerusnya popularitas rumah tapak melalui keberadaan hunian vertikal,” jelas Iwan Sunito.

Menurut laporan yang dibuat oleh Worldpopulationreview.com, dilaporkan bahwa sejak 2015, populasi Sydney telah tumbuh sebesar 381.694 jiwa yang mewakili 1,63% dari perubahan tahunan.

Baca Juga :   Iwan Sunito : Pandemi COVID-19 Percepat Transformasi Perusahaan Berbasis Teknologi

“Inilah salah satu penyebab utama pertumbuhan jumlah hunian vertikal di Sydney,” kata Iwan Sunito.

Laporan yang dibuat oleh PBB mengungkapkan bahwa pada tahun 2050, 68% populasi dunia akan menempati area perkotaan. Jumlah ini akan meningkat dari saat ini yang hanya sebesar 55%.

Laporan PBB tersebut juga memprediksikan adanya tambahan 2,5 juta orang yang akan tinggal di kota 30 tahun ke depan.

Negara bagian New South Wales yang memiliki populasi sebesar 7,988,241 merupakan lokomotif perekonomian di Australia yang menghasilkan GSP (Gross State Product) sebesar AUS$ 604 Milyar atau 32,7% dari total GNP Australia.

“Dengan segala kelengkapan yang dimiliki oleh sebuah kota metropolitan ditambah pembangunan infrastruktur transporatsi massal yang masif, tidaklah mengherankan apabila Sydney menjadi salah satu kota yang paling diminati untuk dihuni di Australia,” katanya.

Baca Juga :   Crown Group Awali Pemasaran Proyek Terbarunya di Indonesia

Terbukti selama 10 tahun terakhir, Australia telah menjadi destinasi investasi utama bagi para investor di kawasan Asia umumnya, khususnya Indonesia.

“Pasar properti Australia sempat mencapai puncaknya dengan pertumbuhan sebesar 17% pada tahun 2017. Bukanlah hal yang mustahil apabila di tahun 2020 ini pertumbuhan nilai properti akan kembali menyentuh angka dua digit sesuai prediksi dari SQM Research,” pungkas Iwan Sunito. (hps)