PenaMerahPutih.com
Ekbis Headline Indeks Teknologi

DigiRace 2020 Uji Jaringan Data XL Axiata di Manado

Pasangan peserta XL Axiata Digi Race sedang melaksanakan salah satu tantangan digital di Kota Manado, Sabtu (29/2/2020).

Manado, pmp –  PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) menggelar kompetisi digital DigiRace 2020” di Manado, Sulawesi Utara. Kompetisi tahunan ini sekaligus menjadi ajang untuk membuktikan jaringan data XL Axiata setelah proses fiberisasi. Peserta kompetisi merupakan para penggiat media sosial di Sulawesi Utara.

“Kami terus berupaya untuk meningkatkan kualitas layanan, salah satunya melalui proses fiberisasi yang saat ini masih terus kami laksanakan di berbagai wilayah Sulawesi Utara, terutama Kota Manado sebagai kota terbesar yang juga menjadi pusat berbagai aktivitas di provinsi tersebut,” kata Group Head XL Axiata East Region, Bambang Parikesit dalam rilisnya yang dikirim Minggu (1/3/2020).

Bambang menjelaskan, secara teknis, fiberisasi merupakan upaya modernisasi jaringan dengan cara menghubungkan Base Transceiver Station (BTS) melalui jalur fiber.  Termasuk dalam proses ini adalah melakukan regenerasi perangkat-perangkat BTS, seperti antara lain mengganti perangkat yang selama ini memakai microwave menjadi perangkat fiber.

Baca Juga :   XL Axiata Buyback Saham Hingga Rp 500 Miliar

Program fiberisasi jaringan merupakan salah satu langkah dalam mempersiapkan jaringan 5G di masa depan. Sebagai teknologi jaringan tercanggih, 5G mampu menghadirkan kecepatan data yang tinggi, jumlah pemakai yang lebih banyak, dan delay atau latency yang rendah. Keunggulan teknologi ini hanya bisa didapatkan jika site atau BTS terkoneksi dengan jaringan  fiber. XL Axiata telah melaksanakan program ini secara masif di seluruh wilayah Indonesia dalam tiga tahun terakhir.

Hingga saat ini, fiberisasi jaringan XL Axiata sudah terlaksana di semua ibukota provinsi di Sulawesi dan kota-kota besar, terutama di kota atau area yang memang secara pertumbuhan data sudah memerlukan jaringan fiber. Di seluruh wilayah Sulawesi, fiberisasi sudah menjangkau sekitar 40% BTS yang ada.

Baca Juga :   Squid Game Season 2 Kembali Hadirkan Lee Jung Jae dan Lee Byung Hun

Secara nasional, hingga akhir tahun 2019, sekitar 50% BTS telah terhubung dengan jaringan fiber. Target hingga akhir 2020, fiberisasi akan terus ditingkatkan menjadi sekitar 70% BTS. Percepatan fiberisasi kini sedang dilakukan di wilayah luar Jawa mengingat pertumbuhan trafik data yang sangat pesat dalam setahun terakhir.

Head of Sales Sulawesi Utara dan Sulawesi Tengah, Andi Ikhsan mengatakan, fiberisasi yang terus berlangsung telah terbukti mampu meningkatkan kualitas layanan data 4G XL Axiata. Melalui program “DigiRace” ini XL Axiata berharap bisa menunjukkan secara langsung kepada masyarakat peningkatan kualitas jaringan data hasil dari fiberisasi dengan lebih stabil.

Tantangan yang harus diselesaikan oleh peserta terdiri atas kuis dengan   sejumlah pertanyaan melalui video streaming di aplikasi Youtube. Selain itu ada juga gim yang memanfaatkan platform media sosial lainnya seperti Spotify, Instagram, dan Netflix. Jenis tantangannya meliputi aktivitas digital untuk menguji kualitas jaringan setelah dilakukan fiberisasi. Semua jenis tantangan mengharuskan peserta untuk mengakses layanan data dengan kapasitas besar seperti streaming, mengunduh, mengunggah, dan memainkan gim.

Baca Juga :   Aturan Ketat XL Axiata Guna Cegah COVID-19

Dengan mengundang para tokoh yang memiliki pengaruh kuat di media sosial atau yang biasa disebut sebagai key opinion leader (KOL) sebagai peserta, XL Axiata sekaligus berusaha menunjukkan dan meyakinkan masyarakat luas bahwa upaya terus menerus akan dilakukan guna memenuhi ekspektasi pelanggan atas kualitas layanan data yang mampu mendukung aktivitas produktif mereka.(hps)