PenaMerahPutih.com
Ekbis Headline Indeks Industri

Pertamina Sterilisasi Sarfas Distribusi dan Tabung LPG

Petugas menyemprot disinfektan ke tabung-tabung LPG sebelum didistirbusikan.

 Surabaya, pmp – Pertamina melakukan upaya untuk memastikan produk dan layanan bagi masyarakat di masa pencegahan penyebaran COVID-19 ini, sesuai dengan protokol kesehatan yang sudah dikeluarkan oleh Pemerintah. Salah satunya melalui sterilisasi dan penyemprotan disinfektan tabung LPG yang di distribusikan oleh Marketing Operation Region (MOR) V – Jatimbalinus.

Semenjak tanggal 18 Maret 2020, Pertamina secara bertahap sudah melakukan sterilisasi dan disinfektasi tabung LPG dengan cairan kimia non korosif di jaringan sarana dan fasilitas distribusinya. Stasiun Pusat Pengisian Bulk Elpiji (SPPBE) di wilayah Provinsi Jawa Timur telah menerapkan standar operasi khusus ini guna mendukung pencegahan penyebaran COVID-19.

Unit Manager Communication, Relation & CSR Pertamina MOR V, Rustam Aji mengatakan proses khusus untuk disinfektasi tabung LPG sejalan dengan proses yang rutin di lakukan di SPPBE Pertamina. Sesuai Standard Operating Procedure (SOP), di SPPBE selalu dilakukan pengecekan ulang pada tabung LPG, untuk mendeteksi kebocoran. “Kalau sebelumnya hanya menggunakan air saja, saat ini ke dalam wadah dicampurkan cairan disinfektan yang tidak bersifat korosif,” jelas Rustam dalam keterangan persnya, Kamis (26/3/2020).

Baca Juga :   Direksi Pertamina Patria Niaga Tinjau Kesiapan Terminal BBM dan LPG Surabaya

Selain upaya yang dilakukan di SPPBE, agen distribusi LPG Pertamina di Jawa Timur juga sudah melaksanakan sterilisasi dengan cara penyemprotan cairan disinfektan ke fasilitas gudang penyimpanan dan tabung pada saat sebelum didistribusikan lebih lanjut. Para petugas yang berada di lokasi-lokasi tersebut seperti awak mobil tangki, operator, sampai dengan security yang melayani dilengkapi dengan masker, sarung tangan dan juga tambahan titik wastafel dan hand sanitizer untuk mencuci tangan.

Hal tersebut dilakukan sebagai langkah tanggap yang dilakukan Pertamina agar masyarakat bisa lebih nyaman menggunaan LPG, karena tabung-tabung tersebut akan ditempatkan di dalam rumah. “Kami berharap ketika masyarakat mematuhi himbauan #DiRumahAja, mereka lebih yakin terhadap keamanan dan kesehatannya,” kata Rustam.

Baca Juga :   PSBB Tekan Konsumsi BBM Jatim, Turun 25 Persen  

Sebagai Badan Usaha Milik Negara, lanjut Rustam, Pertamina akan terus memenuhi kebutuhan BBM dan LPG di masyarakat. Jika ada konsumen yang membutuhkan informasi atau memberikan masukan dan saran dapat menghubungi kontak Pertamina 135 atau melalui aplikasi MyPertamina. (hps)