Corona Kumar, Covid Marie dan Lockdown, Nama-Nama Bayi Lahir di Masa Pandemi

Mei 10, 2020

Ilustrasi proses persalinan. (momlikeyoumeanit.com)

Jakarta, PMP – Wabah penyakit corona dengan virusnya COVID-19 yang melanda dunia ternyata menginspirasi beberapa orang tua di dunia untuk memberi nama bayi-bayinya yang baru lahir. Mulai dari Corona Kumar, Covid Marie, hingga Lockdown.

Dua ibu di India menamai anak mereka yang baru lahir menggunakan nama awal corona, yakni  Corona Kumar dan Corona Kumari. Keduanya ternyata mendaptkan ide nama dari dokter yang bekerja di rumah sakit di mana mereka melakukan persalinan.

“Saya mengatakan kepada mereka bahwa nama banyinya akan membantu menciptakan kesadaran tentang penyakit dan menghilangkan stigma di sekitarnya,” kata dokter SF Basha yang mengaku tak menyangkan usulnya diterima kedua ibu yang dia bantu persalinannya.

Baca juga: Nikah Saat Larangan Berkumpul, Foto Para Tamu Dipajang di Deretan Kursi Kosong

Kisah sama muncul di Bacolod, Filipina tengah, pada 13 April. Colline Tabesa yang melahirkan bayi perempuan menamainya Covid Marie.

“COVID-19 telah menyebabkan penderitaan besar di seluruh dunia,” ujar John Tupas (23), suami Colline Tabesa, seperti dikutip AFP.

Menurut John,  dia lega persalinan buah hatinya berjalan lancar.

“Saya ingin namanya mengingatkan kita bahwa COVID-19 ini tidak hanya membuat kita menderita. Namun juga memberi berkat kepada kita,” ujarnya.

John Tupas mengaku menerima beberapa kritik di media sosial karena memberi nama yang tak lazim pada bayi perempuannya.

“Saya tak menyesalinya. Dia, Covid Marie, mungkin akan mengalami bullying, tapi aku akan mendidik putriku menjadi orang yang baik,” kata John dengan nada yakin.

Sementar itu di Negara bagian Rajasthan India, pasangan pekerja migran memutuskan memilih nama yang berhubungan dengan pandemic corona buat bayi mereka, yakni Lockdown.

“Kami menamainya Lockdown untuk mengingat semua masalah yang harus kami hadapi selama masa sulit ini,” kata Sanjay Bauri, ayah Lockdown.(hps)