Trump Bertengkar dengan Wartawan Keturunan China, Viral Tagar #StandWithWeijiaJiang

Mei 12, 2020

Weijia Jiang wartawan CBS News dan Presiden Donald Trump. (reuters)

Jakarta, PMP – Presiden AS Donald Trump  bertengkar dengan wartawan AS keturunan China, Weijia Jiang, saat jumpa pers terkait pandemi corona. Para netizen yang muak dengan perilaku rasis, mendukung Jiang dengan tagar #StandWithWeijiaJiang via Twitter.

Insiden bermula saat Wejia Jiang, wartawan CBS News yang ditugaskan di Gedung Putih bertanya kepada presiden, mengapa Trump selalu menyatakan bahwa AS telah melakukan tes corona lebih baik dibanding negara-negara lain di dunia.

“Mengapa seolah tes corona menjadi semacam kompetisi global ketika setiap hari warga Amerika justru kehilangan nyawa? Mengapa itu penting?” tanya Jiang dalam konferensi pers yang digelar outdoor di Rose Garden, Gedung Putih, Washington DC, seperti ditulis AFP, Selasa (12/5/2020).

Trump pun menjawab enteng,”Mereka (banyak orang) kehilangan nyawa mereka di mana saja di dunia.”

Presiden pun melanjutkan,”Dan mungkin pertanyaan itu harusnya anda tanyakan kepada (pemerintah) China. Jangan tanya saya, tanyakan pertanyaan itu kepada China. OK?”

Jiang yang mengidentifikasi diri di bio Twitternya sebagai ‘warga West Virginia kelahiran China’, rupanya tersinggung dengan jawaban Trump agar dia bertanya ke pemerintah China. Jiang merasa Trump telah menyinggung soal rasnya dan mendesak Trump agar menjelaskan maksud pernyataannya.

“Pak, mengapa anda mengatakan itu kepada saya secara khusus?” tanya Jiang.

Trump membalas: “Saya mengatakan itu kepada siapa saja yang menanyakan pertanyaan jahat seperti itu.”

Jiang tentu saja tak terima pertanyaannya dinilai jahat dan terus mencecar. Sementara Trump yang rupanya tak ingin memperpanjang, justru memberi kesempatan bertanya kepada wartawan lain dan mengacuhkan Jiang. Sebelum wartawan lain mengajukan pertanyaan, Trump tiba-tiba mengakhiri konferensi pers dan balik kanan masuk Gedung Putih.

Baca juga: Obama Tuding Trump Kacau Balau Tangani Corona, “Apa Untungnya Buat Saya?” Berbahaya 

Insiden di Rose Garden itu menarik perhatian pengguna media sosial dan segera beredar tagar berbunyi #StandWithWeijiaJiang via Twitter.

“Saya #StandWithWeijiaJiang melawan kemarahan Trump yang rasis,” tulis George Takei, bintang film ‘Star Trek’ dan aktivis Asia-Amerika terkemuka.

Sementara April Ryan, wartawan dan analis politik CNN yang juga pernah bertengkar dengan Trump saat konferensi pers, turut berkomentar.

“Selamat datang ke klub! Ini memuakkan! Ini kebiasaan dia (Trump-red)!” tulis Ryan.

Presiden Trump memang tak pernah segan menunjukkan ketidaksukaannya terhadap media. Dia beberapa kali terlibat adu mulut dengan wartawan saat konferensi pers.(bim)