Pria Jerman Terjebak Dua Bulan di Bandara India Akibat Corona

Mei 16, 2020

Edgard Ziebart (40) terjebak 55 hari atau hampir dua bulan di Bandara Internasional Indira Gandhi, New Delhi India.(hindustantimes)

Jakarta, PMP – Aktor Tom Hanks yang berperan sebagai  Viktor Navorski di film ‘The Terminal’ besutan Steven Spielberg, pernah terjebak di Bandara JFK New York selama berbulan-bulan akibat paspornya tak berlaku. Kini di dunia nyata akibat pandemi Corona, Edgard Ziebart (40) warga negara Jerman, terjebak selama 55 hari atau hampir dua bulan di Bandara Internasional Indira Gandhi, New Delhi India.

Ziebart telah ‘berumah’ di area transit bandara sejak 18 Maret 2020, ketika India mulai memberlakukan pembatasan perjalanan internasional. Saat itu Ziebart sedang berada di ruang transit dalam perjalanan dari Hanoi Vietnam menuju Istambul Turki.

Persoalan muncul setelah pemerintah India memutuskan menghentikan semua penerbangan yang masuk dan keluar menuju Turki mengingat pandemi corona. Ziebart pun terdampar di area transit karena tak memiliki visa India.

Sebenarnya pihak Kedutaan Besar Jerman di New Delhi telah memberi solusi  tentang cara pulang ke Jerman menggunakan penerbangan evakuasi. Namun Ziebart menolak karena khawatir bakal dijerat pelanggaran pidana masa lalu yang dituduhkan kepadanya di Jerman.  Sementara mengurus visa India juga tak mungkin, karena pihak otoritas Jerman telah berkoordinasi dengan pemerintah India terkait pelanggarannya itu. Ziebart pun memilih berumah di bandara.

Untunglah pihak otoritas  Bandara Indira Gandhi berbaik hati, membantunya menyediakan kursi untuk tidur, makanan, barang-barang kebutuhan lainnya, dan bahkan kelambu. Beberapa petugas bandara mendatanginya secara rutin untuk berinteraksi, juga memeriksa kesehatannya.

Baca juga: Nikah Saat Larangan Berkumpul, Foto Para Tamu Dipajang di Deretan Kursi Kosong

“Dia menghabiskan hari di bandara, makan di beberapa gerai makanan cepat saji yang masih beroperasi di dalam terminal, berinteraksi dengan staf rumah tangga dan keamanan, berjalan-jalan di area transit, dan menggunakan toilet bandara,” kata seorang pejabat Bandara Indira Gandhi seperti dikutip india.com.

Pada Selasa 12 Mei lalu, Ziebart akhirnya bertolak ke Amsterdam menggunakan penerbangan repatriasi KLM Airlines, setelah dites kesehatan dan dinyatakan negatif virus corona.(bim)