Raup Rp 701 Miliar, BTS Masuk Selebritis Bayaran Tertinggi Dunia Forbes 2020

Juni 6, 2020
BTS cover Time Magazine

BTS menjadi cover majalah Time. (istimewa)

Jakarta, PMP – Meraup penghasilan US$ 50 juta atau sekitar Rp 701 miliar sebelum pajak, boyband asal Korea Selatan BTS masuk daftar selebritis dengan bayaran tertinggi di dunia versi Forbes. Pada daftar ‘Celebrity 100’ yang dirilis Kamis (4/6/2020) itu, BTS bercokol di peringkat ke-47.

Tahun lalu, BTS yang dikenal sebagai Bangtan Boys juga masuk ‘Celebrity 100’ berada di peringkat ke-43 setelah menangguk penghasilan US$ 170 juta atau sekitar Rp 2,4 triliun. Menurut soompi.com, BTS menjadi satu-satunya artis Korsel yang masuk daftar Forbes untuk dua tahun berturut-turut.

Daftar ‘Celebrity 100’ disusun berdasarkan data dari Nielsen Music/MRC Data, Pollstar, IMDB, NPD BookScan dan ComScore. Termasuk hasil wawancara sejumlah ahli serta selebriti itu sendiri.

BTS merupakan boyband bentukan Big Hit Entertainment yang mendunia berkat karya-karya hits yang dipadu dengan visual elok pada klip-klip video dan aksi panggung mereka.

BTS yang terdiri dari 7 personel, yakni Jungkook, J-Hope, V, RM, Jin, Jimin dan Suga itu, mulai menembus Billboard 200 Amerika Serikat pada tahun 2015 melalui album The Most Beautiful Moment in Life, Part 2. Setahun kemudian kembali melalui album The Most Beautiful Moment in Life: Young Forever, mereka kembali menerobos Billboard 200. Album ini bahkan sukses menyabet penghargaan Album of the Year di Melon Music Awards 2016.

Baca juga: BTS Dukung Demo Antirasisme di AS, Menebar Kesadaran Black Lives Matter

Masih di tahun 2016, BTS kemudian merilis album penuh kedua bertajuk Wings yang berhasil nangkring di peringat #26 Billboard 200. Posisi tertinggi album K-pop yang pernah masuk daftar tersebut.

BTS pernah berpidato di Sidang Umum PBB ke-73 tahun 2018 saat menjadi Duta Antikekerasan Unicef. (istimewa)

Duta Antikekerasan Unicef

Tahun 2017 bisa disebut tahun penting bagi perjalan karier bermusik BTS setelah Jungkook dkk memecahkan banyak rekor penjualan di pasar musik internsional.  BTS menjadi grup pertama Korea yang menerima sertifikasi dari Asosiasi Industri Rekaman Amerika (RIAA) untuk single ‘Mic Drop’. Bahkan tahun 2018 mereka menjadi artis Korea pertama yang bercokol di puncak Billboard 200 melalui album studio Love Yourself: Tear.

Setelah itu BTS rutin masuk puncak tangga Billboard 200 melalui album Love Your Self: Answer (2018), Map of the Soul: Persona (2019), serta Map of the Soul: 7 di tahun ini.

Global Artist Chart IFPI pada tahun 2018 mencatat BTS sebagai artis terlaris kedua di dunia, serta satu-satunya artis yang tidak berbahasa Inggris yang masuk dalam grafik.

Kepopularan mereka bahkan membuat majalah Time memajang Suga dkk di sampul depan dengan judul: Next Generation Leaders. Tak hanya itu, Time  memasukkan mereka dalam daftar 25 orang paling berpengaruh di internet (2017-2019), daftar 100 orang paling berpengaruh di dunia (2019), serta memberikan julukan ‘Princes of Pop’.

BTS beruntung memiliki penggemar yang tergabung dalam ARMY yang dikenal loyal dan aktif di media sosial sehingga sering membuat trending. Pada 20 November 2017, Guinness World Records menganugerahi BTS rekor ‘Memiliki Keterlibatan Twitter Paling Banyak di Dunia Sebagai Grup Musik’.

Bahkan pada September 2018, BTS didaulat memberi pidato di SIdang Umum PBB ke-73 sebagai duta kampanye antikekerasan UNICEF.(gdn)