Sido Muncul Kembangkan Suplemen Alkali Penetralisir Racun Tubuh

Juni 30, 2020

Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat melarutkan kapsul JSH dalam segelas air.

Jakarta, PMP – Setelah empat tahun melakukan pengembangan, akhirnya Sido Muncul merilis Kapsul JSH. Direktur Sido Muncul, Irwan Hidayat, menjelaskan bahwa Kapsul JSH merupakan suplemen dengan kandungan alkali dan pH tinggi untuk membantu menetralisir racun yang masuk ke tubuh.

Produk ini pertama kali dicetuskan oleh Komisaris Utama Sido Muncul sekaligus adik kandung Irwan Hidayat, Jonatha Sofjan Hidajat. Inilah juga yang membuat produk baru Sido Muncul ini diberi nama Kapsul JSH, sesuai dengan singkatan nama dari pencetusnya.

“Ide ini datangnya dari Komisaris Utama Sido Muncul yaitu Jonatha Sofjan Hidajat. Bahkan yang menemukan bahannya juga Pak Sofjan. Sehingga kita kasih nama herbal JSH, singkatan dari Jonatha Sofjan Hidajat,” ujar Irwan dalam keterangan tertulisnya yang diterima PMP, Selasa (30/6/2020).

Irwan mengatakan Sido Muncul memang telah lama memiliki ide membuat sebuah produk detoks untuk meningkatkan kesehatan masyarakat, baik mereka yang sebelumnya punya riwayat penyakit maupun hanya untuk menjaga kesehatan tubuhnya.

“Empat tahun yang lalu kami mulai melakukan pengembangan produk-produk herbal untuk ke depan. Tujuannya adalah untuk orang sehat supaya tetap sehat, salah satu idenya adalah mengembangkan obat detoks, yang alkali pH tinggi. Karena produk alkali yang pH tinggi itu sangat baik dan dianjurkan untuk orang berusia lanjut, orang agar tetap sehat, dan penderita penyakit lainnya,” papar Irwan.

Bahan Utama Charcoal

Ide membuat produk alkali pun segera dikembangkan. Bukan tanpa alasan, berdasarkan beberapa penelitian makanan dengan kandungan alkali memang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi, terutama orang-orang dengan penyakit degeneratif serta orang berusia lanjut.

Kapsul JSH memang terbuat dari bahan utama charcoal, namun suplemen ini bukan merupakan karbon aktif. Sebab charcoal dari tanaman herbal tersebut diproses kembali sedemikian rupa sehingga aman untuk dikonsumsi secara terus menerus.

Proses tersebut membuat Kapsul JSH bersifat larut di dalam air. Sifat alkali juga membuat pH nya menjadi tinggi yakni yakni sekitar 11-13, yang nantinya berfungsi menetralkan pH asam di tubuh sehingga kualitas kesehatan meningkat.

“Herbal JSH ini adalah produk alkali, untuk membantu meningkatkan kesehatan, karena kalau tubuh ada alkali, pasti sehat. Karena ini bukan karbon aktif, kalau dikonsumsi setiap hari tidak akan memberikan efek apa-apa. Yang pasti produk ini pH-nya tinggi,” terang Irwan.

Menariknya, beberapa waktu lalu produk Kapsul JSH Sido Muncul sempat jadi perbincangan banyak orang di media sosial. Hal ini berawal dari pernyataan seorang pasien ODP (Orang Dalam Pemantauan) COVID-19 di Semarang yang berhasil sembuh setelah rutin mengkonsumsi Kapsul JSH.

Apalagi hingga saat ini obat yang disinyalir bisa membunuh virus COVID-19 memang belum juga ditemukan. Semakin lama, Kapsul JSH pun makin sering dimanfaatkan sebagai salah satu alternatif untuk membantu meningkatkan kesehatan pasien ODP COVID-19.

Dari testimoni tersebut, Sido Muncul selaku produsen Kapsul JSH pun akhirnya mulai mendistribusikan suplemen ini ke beberapa rumah sakit hingga pemerintahan. Termasuk di antaranya Pemkot Semarang dan Pemprov Jawa Timur.

“Pengalaman dan testimoni dari penderita COVID-19 yang sembuh, tidak bisa kami abaikan begitu saja. Ini yang mendorong kami untuk membagikan Kapsul JSH kepada beberapa rumah sakit,” ungkap Irwan.

Baca juga: Sido Muncul Salurkan Bantuan 1.500 Botol Herbal JSH ke Jawa Timur

Meski begitu, sejak awal Sido Muncul tidak pernah mengklaim Kapsul JSH sebagai obat untuk COVID-19. Menurut keterangan Irwan, obat herbal ini sejak awal dikembangkan untuk meningkatkan kesehatan konsumennya dengan cara membantu membuang racun di tubuh.

Demi mendukung upaya memutus rantai pandemi COVID-19 di Indonesia, Irwan juga mengatakan bahwa pihak Sido Muncul akan terus melakukan penelitian lanjutan terhadap kandungan dan manfaat produk herbal JSH.

“Kami berharap manfaat kapsul JSH yang sudah dirasakan para pasien akan semakin mempercepat penanganan COVID-19 dan tentunya akan lebih banyak lagi orang yang sembuh,” pungkas Irwan. (hps)