Ini Cara Dapatkan Token Listrik Gratis PLN Bulan Juli

Juli 1, 2020

Surabaya, PMP – Pemerintah dan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) memperpanjang subsidi listrik gratis hingga September 2020. Sejak Rabu ini (1/7/2020), konsumen penerima subsidi sudah bisa mulai mendapatkan token listrik gratis untuk bulan Juli 2020.

Subsidi listrik dari PLN diberikan bagi pengguna 450 VA dan 900 VA, di mana pelanggan dengan daya 450 VA digratiskan penuh, sementara pelanggan 900 VA mendapatkan diskon 50%.

Sebelumnya,  Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pemerintah memperpanjang pemberian subsidi listrik hingga September 2020. Padahal sebelumnya, program subsidi hanya berlaku dari April hingga Juni 2020.

“Subsidi listrik untuk 450 VA (untuk) 24 juta rumah tangga, 900 VA (untuk) 7,2 juta rumah tangga yang subsidi dari mulai April hingga Juni, sekarang akan diperpanjang menjadi sampai September,” kata Menkeu Sri Mulyani dalam keterangan pers daring Pemulihan Ekonomi Nasional, di Jakarta.

Menkeu mengatakan, pemerintah mengalokasikan Rp 6,9 triliun untuk diskon tarif listrik guna mendukung konsumsi masyarakat yang dianggarkan dalam dana pemulihan ekonomi nasional.

Ada dua metode yang dapat digunakan oleh pelanggan untuk mengklaim subsidi listrik pada bulan Juli ini, yakni melalui situs PLN serta chatt WhatsApp (WA).

Berikut  cara mendapatan token listrik gratis dan diskon 50% melalui situs PLN:

  1. Buka situs www.pln.co.id
  2. Masuk ke menu pelanggan dan langsung menuju ke pilihan Stimulus Covid-19 (Token Gratis/Diskon).
  3. Masukkan ID Pelanggan/Nomor Meter.
  4. Kemudian Token Gratis akan ditampilkan di Layar.
  5. Pelanggan memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Cara mendapatkan token listrik gratis dan diskon 50% melalui chat WhatsApp (WA):

  1. Buka Aplikasi WhatsApp.
  2. Chat WhatsApp ke nomor 08122-123-123.
  3. Ikuti petunjuk, salah salah satunya masukkan ID Pelanggan.
  4. Token gratis akan muncul.
  5. Pelanggan memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.(hps)