PenaMerahPutih.com
HeadlineIndeksWow

Ditemukan Fosil Hiu Raksasa 70 Juta Tahun

Fosil Bulldog Fish
Xiphanticus yang berarti Swift Shark, juga disebut sebagai Bulldog Fish.(prehistoric earth)

Surabaya, PMP – Ahli paleontologi Argentina menemukan fosil Xiphanticus, hiu predator yang panjangnya lebih dari enam meter yang diperkirakan berusia 70 juta tahun. Fosil ditemukan di dekat Danau Colhue Huapi.

“Fosil karnivora yang memiliki gigi tajam dan penampilan menyeramkan itu ditemukan di dekat Danau Colhue Huapi, sekitar 1.400 kilometer selatan ibukota Buenos Aires,” kata Julieta de Pasqua, salah satu peneliti yang dilansir AFP, Senin (6/7/2020).

Penemuan Xiphanticus yang berarti Swift Shark itu dipublikasikan dalam jurnal ilmiah ‘Alcheringa: An Australasian Journal of Palaeontology’.

Xiphanticus
Fosil Xiphanticus yang ditemukan di dekat Danau Colhue Huapi.

“Ikan itu berenang di laut Patagonian wilayah Argentina  dan Chili pada akhir zaman kapur (cretaceous) ketika suhu di sana jauh lebih beriklim dari sekarang,” tulis para peneliti di jurnal tersebut.

Xiphactinus yang juga disebut Bulldog Fish karena wajahnya mirip anjing Bulldog, merupakan salah satu ikan predator terbesar dalam sejarah Bumi.

“Tubuhnya sangat ramping dan berakhir dengan kepala besar, rahang besar dan gigi setajam jarum, panjang giginya beberapa sentimeter,” papar peneliti.

Sebelumnya fosil Bulldog Fish sudah ditemukan di beberapa belahan dunia. Sebelumnya Xiphactinus hanya ditemukan di belahan bumi utara, meskipun telah ada yang ditemukan di Venezuela.(hps)