Liverpool Pecahkan Lima Rekor Liga Primer, Kejar Empat Rekor Lainnya

Juli 9, 2020
Salah Liverpool

Mohamed Salah cetak dua gol dan satu assist saat melawan Brighton & Hove Albion. (premierleague.com)

Jakarta, PMP – Apa saja rekor Liga Primer Inggris yang sudah dipecahkan dan masih bisa ditorehkan oleh Liverpool setelah menghantam Brighton & Hove Albion 3-1? Liverpool tampaknya bakal memecahkan sembilan rekor Liga Primer, di mana lima rekor sudah mereka genggam, demi melengkapi gelar juara musim 2019-2020.

Kemenangan atas Brighton & Hove Albion di Anfield, pada Kamis dini hari (9/7/2020),  membuat pasukan Jurgen Klopp mencatatkan kemenangan ke-30 dari 34 pertandingan yang telah mereka mainkan musim ini. Sementara empat laga lainnya, tercatat dua kali seri dan dua kali kalah.

Pada laga melawan Brighton & Hove Albion, Mohamed Salah mencetak gol pertama di menit 6, serta satu assist bagi Jordan Henderson untuk membuat skor 2-0 di menit 8. Satu gol lagi dicetak Salah di menit 76 untuk memantapkan kemenangan The Reds 3-1.

Berikut rekor yang telah Mohamed Salah dan kawan-kawan torehkan, serta rekor-rekor Liga Primer yang masih bisa mereka capai sampai akhir musim 2019-2020 seperti dirilis premierleague.com.

  1. Rekor Start Terbaik

Rekor ini pecah ketika Liverpool mengoleksi 61 poin dari 21 pertandingan yang mereka lakoni. Merupakan akumulasi poin terbesar di Liga Inggris yang merupakan salah satu dari lima liga top di Eropa. Tak sampai di situ, Sadio Mane dan kolega bahkan menambah capaian rekor dengan memenangkan enam laga selanjutnya untuk mengumpulkan 79 poin dari 27 pertandingan, sebelum akhirnya mereka kalah dari Watford.

  1. Rekor Selisih Poin Terbesar di Posisi Puncak

Liverpool telah mencatat diri berhasil memimpin puncak klasmen Liga Primer dengan selisih 25 poin dengan Man City di peringkat kedua pada musim ini. Merupakan rekor selisih terbesar dalam sejarah Liga Inggris.

  1. Rekor Kemenangan Kandang Berturut-turut

Kemenangan 3-2 Liverpool atas West Ham United pada 24 Februari 2020, merupakan kemenangan kandang ke-21 secara brturut-turut di Liga Primer Inggris. Prestasi ini mengalahkan torehan Man City dengan 20 kemenangan kandang berturut-turut pada musim 2011 dan 2012. Hebatnya, The Reds memperpanjang rekor kemenangan berturut-turut di Anfiled menjadi 24 kali dengan kemenangan selanjutnya atas AFC Bournemouth, Crystal Palace dan Aston Villa.

  1. Rekor Tercepat Raih Gelar Juara

Liverpool meraih gelar juara Liga Inggris dengan tujuh pertandingan tersisa merupakan rekor baru mengalahkan capaian Manchester United 2000-2001 dan Manchester City 2017-2018 dengan lima pertandingan tersisa.

  1. Rekor Tercepat Capai 30 Kemenangan

Kemenangan 3-1 atas Brighton di laga ke-34 merupakan kemenangan ke-30 The Reds musim ini. Pencapaian kemenangan ke-30  pada laga ke-34 merupakan rekor di Liga Primer.

Liverpool Cetak Rekor

Masih ada empat rekor Liga Primer Inggris yang bisa dipecahkan. (premierleague)

Pertanyaannya kemudian, rekor apa lagi yang masih bisa diraih The Reds?

  1. Rekor Kemenangan Kandang Terbanyak Satu Musim

Chelsea, Man Utd dan Man City telah berhasil mencatatkan 18 kemenangan kandang di Liga Premier. Kini Liverpool telah memenangkan 17 pertandingan kandang dan sangat berpotensi menjadi tim pertama yang mencatatkan sapu bersih 19 kemenangan kandang dalam semusim. Dua laga kandang The Reds selanjutnya bakal menghadapi Burnley pada Sabtu (11 Juli) dan Chelsea (23 Juli).

  1. Rekor Kemenangan Terbanyak Satu Musim

Dari empat laga tersisa, Liverpool membutuhkan dua kemenangan lagi untuk sejajar dengan 32 kemenangan yang diraih Man City musim 2017-2018 dan 2018-2019. Selanjutnya jika satu atau dua laga lainnya berhasil dimenangkan, otomatis Liverpool memecahkan rekor The Citizens.

  1. Rekor Poin Terbesar Satu Musim

Liverpool yang kini mengantongi 92 poin hanya membutuhkan delapan poin lagi –dari total 12 poin yang masih bisa mereka peroleh–  untuk menyamai rekor Man City dengan 100 poin.

  1. Rekor Juara dengan Selisih Poin Terbesar Akhir Musim

Man City menjuarai dan mengakhiri musim 2017-2018 dengan selisih akhir 19 poin dengan tim runner up. Kini Liverpool berada di jalur yang sangat mulus untuk memecahkan rekor tersebut. Saat ini mereka berselisih 23 poin dengan Man City yang menjadi runner up dengan sisa empat laga.(bim)