PenaMerahPutih.com
Ekbis Headline Indeks Industri

PT PJB dan China Energy Donasi 31.500 Alat Medis, Dukung Penanganan COVID-19

Surabaya, PMP – PT Pembangkitan Jawa Bali (PJB) dan China Energy donasi 31.500 peralatan kesehatan dan alat pelindung diri (APD) untuk mendukung program PLN Cegah COVID-19 di Indonesia.

Bantuan terdiri dari lima unit ventilator, 1.000 alat rapid test, serta alat pelindung diri bagi tenaga medis berupa masker, kacamata pelindung dan baju hazmat.

“Bantuan alat kesehatan dan APD ini diharapkan dapat mendukung para tenaga medis dalam penanganan para pasien yang terpapar Covid-19, sehingga dapat memutus mata rantai penyebaran virus ini di Indonesia,” kata Direktur Utama PT PJB, Iwan Agung Firstantara, melalui keterangan tertulis yang diterima Minggu (12/7/2020).

Penyerahan bantuan APD telah dilakukan oleh PT PJB dan China Energy diwakili China Shenhua kepada Kementerian ESDM melalui Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan (DJK). China Energy melalui PT Shenhua Guohua Pembangkitan Jawa Bali (SGPJB) juga telah menyerahkan bantuan berupa lima unit ventilator dan APD kepada PT PLN (Persero).

Baca Juga :   Amankan Pasokan Listrik Sirkuit Mandalika, PJB Dipercaya Kelola PLTU Sambelia

Sebagai informasi, PT PJB dan China Energy telah bekerjasama dalam pengembangan PLTU Jawa 8, Kini, keduanya kembali bekerjasama membentuk konsorsium PT Shenhua Guohua Pembangkitan Jawa Bali (SGPJB) untuk memegang kendali PLTU Jawa 7  yang berkapasitas 2×1.000 Megawatt (MW) di Kabupaten Serang, Provinsi Banten. Saat ini Unit 1 telah beroperasi secara komersial sejak Desember 2019.

Selain itu, China Energy juga mengerjakan dua proyek pembangkit listrik di Indonesia, yakni PLTU Simpang Belimbing 2×150 MW melalui PT GH EMM Indonesia dan PLTU Sumsel-1 berkpasitas 2×350 MW melalui PT Guohua Lion Power Indonesia.

Selama masa Pandemi, ketiga proyek pembangkit merumuskan langkah-langkah antisipasi secara ilmiah dan ketat bagi kepentingn seluruh karyawannya.

Baca Juga :   PJB Resmi Menjadi PLN Nusantara Power, Targetkan Pembangkit Terbesar se-Asia Tenggara

Misalnya memasok APD demi keselamatan karyawan, membantu karyawan lokal yang mengalami kesulitan, tidak melakukan PHK, bersama sama memerangi epidemi, serta terus memastikan agar pasokan listrik masyarakat terpenuhi. Kabar baiknya, tidak ada satupun karyawan di tiga pembangkit listrik itu yang terpapar virus COVID-19.

Sebelumnya, PT PJB telah menyumbangkan bantuan APD ke beberapa daerah terdampak COVID-19, yakni hazmat 150 buah, masker bedah medis 2.500 buah, sarung tangan medis 1.500 set, juga hand sanitizer 80 liter ke Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat.

“Ini merupakan bentuk komitmen Kami sebagai anak usaha PT PLN (Persero) untuk bisa menekan dampak pandemi virus Corona,” tegas Dirut Iwan Agung.(hps)