Tol Sidoarjo-Gresik Diperkirakan Beroperasi Akhir Oktober 2020 

Juli 29, 2020
Tol Sidoarjo-Gresik

Jalan tol Krian-Legundi-Bunder.(surya.co.id)

Surabaya, PMP – Jalan Tol Krian-Legundi-Bunder (KLB) yang menghubungkan Kabupaten Sidoarjo dan Kabupaten Gresik diperkirakan sudah bisa beroperasi pada akhir Oktober 2020 karena pembangunannya telah mencapai 99%.

“Perkiraan kami akhir Oktober 2020 sudah beroperasi,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga Jatim, Gatot Sulistyo Hadi seperti dikutip Antara, di Surabaya, pada Rabu pagi (29/7/2020).

Menurutnya, saat ini proses pembangunan jalan tol sepanjang 29,17 km itu menyisakan pengerasan badan jalan yang melintas di atas Tol Surabaya Mojokerto (Sumo) sepanjang 200 meter.

Tahap berikutnya meminta izin Kementerian Pekerjan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sembari menunggu sertifikat layak operasi (SLO).

“Tol Sidoarjo-Gresik ini sementara sampai Bunder Kabupaten Gresik. Namun ke depan bakal sampai Manyar Gresik yang sekarang masih proses,” tambahnya.

Pembangunan jalan tol yang masih proses itu merupakan seksi 4 jalan tol Sidoarjo-Gresik yang bakal melintasi Bunder-JIPE (Java Integrated Indistrial and Port Estate)-Manyar sepanjang 9,12 kilometer. Jika sudah rampung, panjang total jalan tol Sidoarjo-Gresik bakal mencapai 38,29 km.

Menurut Gatot, saat ini telah siap beberapa ruas jalan tol lain di Jatim yang akan dimulai prosesnya pada tahun ini, yakni Tol Kertosono-Kediri (20.3 km), Probolinggo-Lumajang (28 km), (9 km), serta Tuban-Gresik.(gdn)