Google Pajang Doodle Tujuhbelasan, Indonesia Itu Indah, Beragam Penuh Warna

Agustus 17, 2020
Doodle Tujuhbelasan

Doodle Tujuhbelasan yang penuh warna.(Google Doodle)

Jakarta, PMP – Google Indonesia memajang doodle khusus ‘Tujuhbelasan’ memperingati Hari Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia di laman utama situs pencariannya. Doodle karya Martcellia Liunic, ilustrator yang tinggal di Jakarta itu, menyampaikan pesan pentingnya Bhinneka Tunggal Ika

“Selain menggambarkan momen perayaan, saya dalam ilustrasi ini juga ingin menyematkan pentingnya Bhinneka Tunggal Ika yang berarti bersatu dalam perbedaan. Sebab masyarakat Indonesia sangat beragam terdiri dari 1.300 suku,” kata Martcellia di laman Google Doodle, Senin (17/8/2020).

Martcellia menampilkan kegiatan lomba panjat pinang dan pakaian adat Papua, Jawa, Betawi, Bali dan Minangkabau. Ada pula Harimau Sumatera dan bunga Rafflesia Arnoldii yang merupakan bunga terbesar di dunia yang ditemukan di Bengkulu, Sumatera. Keduanya hanya contoh keanekaragaman fauna dan flora asli Nusantara yang melimpah.

Menurut Martcellia, doodle Tujuhbelasan dia lukis dengan berbagai warna.

“Saya ingin memberi pesan bahwa Indonesia itu indah, beragam dan meriah, seperti ilustrasi saya yang penuh warna!” tegasnya.

Sementara penjelasan Google tentang doodle hari ini, Tujuhbelasan merupakan istilah lokal dari bahasa Indonesia dari tujuh belas untuk menyebut perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh setiap 17 Agustus.

“Pada hari ini di tahun 1945, proklamasi kemerdekaan Indonesia dikumandangkan secara resmi untuk menetapkan kedaulatan negara,” tulis Google.

Salah satu yang ditampilkan adalah Panjat Pinang, salah satu permainan hiburan terpopuler setiap Tujuhbelasan, yang mengharuskan tim bekerja sama mencapai puncak tiang yang dibuat licin untuk mengambil hadiah.

“Lebih dari sekedar permainan, Panjat Pinang mewujudkan semangat gotong royong dan menekankan pentingnya persatuan Indonesia. Selamat Hari Kemerdekaan, Indonesia!” ucap Google.(bim)