PenaMerahPutih.com
Headline Indeks Polkam

Plt Bupati Sidoarjo Meninggal Terpapar COVID-19, Ini Kesaksian Direktur RSUD

Plt Bupati Sidoarjo
Nur Ahmad Syaifuddin saat dilantik Gubernur Khofifah sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Sidoarjo pada Selasa, 14 Januari 2020, di Gedung Negara Grahadi, Surabaya.(Humas Pemprov Jatim)

Sidoarjo, pmp –  Plt Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin meninggal dunia akibat terpapar COVID-19, Sabtu (22/8/2020) sekitar 15.30 WIB. Kabar almarhum positif COVID-19 disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo Jatim Syaf Satriawarman dan Direktur RSUD Sidoarjo Atok Irawan.

“Hasil diagnosis memang demikian, menunjukkan bahwa beliau terpapar (COVID-19). Dirujuk ke rumah sakit Sabtu pagi tadi,” kata Syaf Satriawan seperti dikutip Surya, Sabtu.

Hal senada disampaikan Direktur RSUD Kabupaten Sidoarjo Provinsi Jawa Timur Atok Irawan.

“Setelah melihat gejala dan juga keluhan beliau (Nur Ahmad) diduga memang terpapar COVID-19,” kata Atok seperti dikutip Antara, Sabtu.

Menurut Atok, Plt Bupati yang akrab disapa Cak Nur itu pada Rabu (19/8/2020) sekitar pukul 14.00 WIB, sempat meminta difoto torak karena mengeluh batuk, panas dan sesak nafas.

Baca Juga :   Attack Rate Corona di Surabaya Tertinggi, Presiden Beri Jatim Tenggat 2 Minggu

“Kemudian dari hasil foto torak tersebut ada pneumonia di sebelah kiri. Selanjutnya saya menyarankan kepada beliau untuk rawat inap masuk rumah sakit,” jelas Atok.

Namun Cak Nur menolak karena harus menghadiri rapat paripurna dengan DPRD dan meminta supaya rawat jalan dan diberi obat.

“Kemudian saya sebagai spesialis paru mengasih obat antibiotik double juga obat batuk,” katanya.

Selanjutnya pada Kamis dan Jumat yang merupakan hari libur, Atok mengaku sempat menyapa Plt Bupati melalui  WhatsApp untuk menanyakan kondisi. Namun almarhum tidak menjawab.

“Baru tadi pagi pukul 08.30 WIB, saya dihubungi kalau beliau mau opname di rumah sakit. Akhirnya jam 09.00 WIB kami jemput di rumah dinas menuju ke rumah sakit,” katanya.

Baca Juga :   Presiden Sebut Angka Kematian COVID-19 Indonesia Lebih Tinggi dari Global, Masyarakat Khawatir

Sesampai di rumah sakit, dokter anastesi, paru dan jantung melakukan tindakan karena selama dua hari Cak Nur sudah tidak mau makan.

“Bahkan siang tadi beliau sempat turun ambil wudhu ingin Salat Dhuhur dan sore tadi meninggalkan kita semua,” katanya.

Pada tahun 2014, Nur Ahmad Syaifuddin menjadi anggota DPRD Sidoarjo dari PKB. Kemudian pada 2015, dia maju sebagai calon wakil bupati Sidoarjo mendampingi Saiful Ilah yang menjadi calon bupati. Mereka menang dan memimpin Pemkab Sidoarjo.

Cak Nur  resmi menjabat  Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Sidoarjo pada Selasa,14 Januari 2020, setelah dilantik oleh Gubernur Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi Surabaya. Cak Nur menggantikan Bupati Saiful Ilah yang terjerat kasus korupsi.(hps)