Jokowi Dipercaya Bisa Pimpin RI Keluar Krisis Akibat COVID-19, Hasil Survei SMRC

Agustus 24, 2020
Presiden Jokowi

Presiden Jokowi saat memberi pengarahan di Istana Negara, Jakarta.(Biro Setpres/Muchlis)

Jakarta, pmp – Presiden Jokowi dipercaya bisa pimpin Indonesia keluar dari krisis ekonomi akibat pandemi COVID-19. Hasil survei lembaga penelitian Saiful Mujani Research and Consulting ( SMRC) juga menunjukkan, mayoritas responden juga puas atas kinerja pemerintah pusat dan kinerja Jokowi.

“Sebanyak 73% yang percaya bahwa pemerintah, dalam hal ini Presiden, bisa memimpin keluar dari krisis ekonomi akibat dari COVID,” kata Saiful Mujani, pendiri SMRC, saat merilis hasil survei tentang ‘Kondisi Demokrasi Indonesia di Masa COVID-19’, Minggu (23/8/2020).

Menurut Saiful, responden yang kurang percaya Presiden Jokowi bakal membawa Indonesia keluar dari krisis 21%. Sedangkan responden yang sama sekali tak percaya 2%, sisanya 4% tidak menjawab.

Survei dilakukan antara 12 Agustus hingga 15 Agustus 2020, melalui telepon dengan melibatkan 2.202 responden yang dipilih acak. Margin of error survei sebesar 2,1%.

Persentase kepercayaan responden terhadap Presiden Jokowi sejalan dengan tingkat kepuasan responden terhadap kinerja pemerintah pusat dalam menangani pandemi COVID-19.

Sebanyak 65% responden puas dengan kinerja pemerintah pusat, 28,6% kurang puas dan 4,6 persen responden tidak puas sama sekali. Sisanya, 2,1% memilih tak menjawab.

“Kecenderungannya dalam survei, sejak COVID merebak kurang lebih stabil penilaian masyarakat terhadap bagaimana pemerintah bekerja menangani masalah COVID ini,” kata Saiful.

Sementara untuk tingkat kepuasan responden terhadap kinerja Presiden Jokowi, sekitar 67% merasa puas, 27,4% kurang puas dan 3,1% sama sekali tidak puas. Sisanya 2% tidak menjawab.(gdn)