PenaMerahPutih.com
Headline Indeks Polkam

Pilkada Tangsel: Pertarungan Ponakan Prabowo, Anak Wapres dan Ponakan Ratu Atut

Pilkada Kota Tangsel
Rahayu Saraswati Djojohadikusumo, Siti Nur Azizah dan Pilar Saga Ichsan.(Istimewa)

Jakarta, pmp – Pilkada Kota Tangerang Selatan (Tangsel) di Provinsi Banten bakal berlangsung seru. Telah mendaftar ke KPU Tangsel tiga pasang kandidat yang masing-masing membawa nama besar, ponakan Menhan Prabowo Subianto, anak Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin, serta ponakan mantan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah.

Rahayu Saraswati Djojohadikusumo yang ponakan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, pada Jumat (4/9/2020) telah mendaftar ke KPU Tangsel sebagai Calon Wakil Wali Kota mendampingi Muhamad sebagai Calon Wali Kota.

Muhamad merupakan mantan Sekda Kota Tangsel yang kini telah jadi kader PDI Perjuangan, sedangkan Rahayu merupakan kader Partai Gerindra.

Pasangan calon (paslon) Muhamad-Rahayu diusung kekuatan besar sembilan partai politik (parpol) dengan motor utama PDI Perjuangan dan Partai Gerindra. Tujuh lainnya PSI, PAN, Hanura, Nasdem, Perindo, Partai Garuda dan Partai Berkarya.

Baca Juga :   Dana Rp 9,1 Triliun Pilkada 2020 Dibekukan, Mendagri Tambah Rp 5,1 Triliun Pengadaan APD

Perlu diketahui, DPRD Kota Tangsel memiliki 50 anggota dari tujuh fraksi, artinya syarat parpol atau gabungan parpol dapat mengusung paslon adalah minimal 20% kursi atau 10 kursi di DPRD.

Muhamad-Rahayu total memiliki dukungan 23 kursi atau 46% jumlah kursi, yakni PDIP 8 kursi, Gerindra 8 kursi, PSI 4 kursi, PAN 2 kursi dan Hanura 1 kursi.

Keluarga Ratu Atut

Pesaing berat muncul dari paslon Benyamin Davnie dan Pilar Saga Ichsan yang didukung hanya satu parpol, yakni Partai Golkar, pemenang Pemilu 2019 di Tangsel dengan kekuatan 10 kursi di DPRD.

Benyamin Davnie adalah petahana Wakil Wali Kota Tangsel dua periode pendamping Wali Kota Airin Rachmi Diany, sementara Pilar membawa nama besar keluarga mantan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah. Pilar tak lain anak Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah yang merupakan adik kandung Ratu Atut.

Baca Juga :   Bermodal Santun, Seribu Lebih Relawan Sejati QA Sosialisasikan Qosim-Alif di Gresik

Pada Sabtu (5/9/2020), saat paslon ini mendaftar ke KPU, Ketua DPD Golkar Tangsel Airin Rachmi Diany yang juga Wali Kota Tangsel ikut mendampingi. Airin sendiri sejatinya masih tante dari Pilar karena Airin merupakan isteri dari Tubagus Chaeri Wardana (51), adik kandung Ratu Atut (58) maupun Ratu Tatu (53).

Paslon ketiga yang tak boleh dipandang sebelah mata adalah  Siti Nur Azizah-Ruhamaben, perpaduan kader PKB-PKS yang memiliki 17 kursi. Mereka diusung PKS 8 kursi, Partai Demokrat 5 kursi dan PKB 4 kursi. Paslon ini juga sudah mendaftar ke KPU Tangsel pada Sabtu (5/9/2020).

Siti Nur Azizah merupakan putri keempat Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin. Saat mendaftar Azizah sempat menyampaikan pesan KH Ma’ruf Amin kepadanya terkait pencalonan sebagai Wali Kota Tangsel.

Baca Juga :   Hore, Mantan Terpidana Korupsi Boleh Jadi Calon Pilkada Serentak 2020

“Pesan abah, tentu saya harus tetap meluruskan niat untuk perjuangan membangun Kota Tangsel ke depan. Juga mempersiapakan dengan sungguh-sungguh saat kami berlaga pada kontestasi di Kota Tangerang Selatan,” ujarnya.

Pesan KH Ma’ruf Amin kepada putrinya agar bersungguh-sungguh dalam kontestasi, tentu menyiratkan bahwa paslon ini bakal bertarung habis melawan kekuatan besar Rahayu yang didukung Prabowo dan sembilan parpol, atau dominasi Partai Beringin melalui Pilar yang didukung keluarga Ratu Atut.(bim)