Ini Nama 26 Siswa dan Guru, Pemenang Kompetisi Nasional Faber-Castell

September 10, 2020
Faber-Castell

Pelaksanaan Family Colouring Competitions (FCC) periode 2019/2020.(Humas Faber-Castell)

Jakarta, pmp – Faber-Castell, produsen alat tulis terbesar dan tertua dunia, menghadiahkan dana pendidikan bagi 26 siswa dan guru yang merupakan pemenang tiga lomba, yakni Family Art Competitions (FACT), Family Colouring Competitions (FCC) dan Teacher Competitions (TC) yang digelar periode 2019/2020.

“Dana pendidikan ini merupakan kompensasi dari hadiah semula yang seharusnya berupa tiket dan akomodasi bagi para pemenang nasional ke sejumlah objek wisata. Kebijakan ini kami ambil dengan pertimbangan utama pandemi COVID-19 saat ini,” kata Richard Panelewen, Product Manager PT Faber-Castell International Indonesia, Kamis (10/9/2020).

Menurut Richard, sejumlah kegiatan nasional Faber-Castell periode 2019/2020 juga harus dihentikan lebih cepat sebagai langkah pencegahan COVID-19.

“Kami berkomitmen mengedepankan aspek keselamatan dan keamanan peserta kegiatan yang didominasi anak dan keluarga,” tegasnya.

Kegiatan FCC atau lomba mewanai untuk siswa PAUD/TK,  akhirnya hanya terlaksana di  67 kota dari target awal  89  kota, sementara FACT terlaksana di 22 kota dari 37 kota yang direncanakan, sementara kegiatan kreasi yang ditujukan para guru Teacher Competitions baru berjalan di  37  kota.

Faber-Castell

Ibu dan anak asyik mewarnai pada Family Colouring Competitions.(Humas Faber-Castell)

Hadiah Wisata Diganti Uang

Sebagai bentuk tanggung jawab, Faber-Castell tetap memberikan apresiasi kepada seluruh pemenang. Jika awalnya hadiah utama berupa wisata bagi para pemenang tingkat nasional, dikonversi dalam bentuk dana pendidikan.

Hadiah pemenang nasional FACT sedianya berwisata ke Disneyland Hongkong, sedangkan FCC dan Teacher Competitions (TC) wisata ke Pulau Dewata Bali maupun Danau Toba.

Menurut Richard, dana pendidikan yang diperoleh pemenang FACT Rp.20.000.000 dipotong pajak yang diberikan kepada lima pemenang. Pemenang FCC Rp10.000.000 dipotong pajak yang diberikan kepada 12 pemenang. Sedangkan pemenang TC memperoleh Rp 5.000.000 di potong pajak bagi sembilan pemenang.

Proses penjurian telah dilakukan di Kantor Faber-Castell Surabaya, pada 4 Agustus 2020, di mana penjurian dilakukan secara terbuka dengan melibatkan juri profesional, salah satunya merupakan perwakilan Institut Teknik Surabaya (ITS), disaksikan notaris untuk memastikan sesuai prosedur dan memiliki dasar hukum kuat.

Faber-Castell

Kantor Faber-Castell Surabaya.(Humas Faber-Castell)

Selain kegiatan lomba, Faber-Castell terus mendorong kreativitas masyarakt Indonesia di masa pandemi melalui pelatihan-pelatihan secara daring.

Sementara itu Direktur Pendidikan Anak Usia Dini Kemendikbud, Dr Muhammad Hasbi mengungkapkan, anak adalah aset bangsa yang paling berharga.

“Dengan memberikan perhatian dan kepedulian terhadap pendidikan anak sejak usia dini, maka kita telah melakukan investasi terbaik yang pernah ada,” katanya.

Mewujudkan pendidikan anak usia dini yang berkualitas tidak saja secara eksklusif menjadi kewenangan pemerintah, namun juga menjadi tanggung jawab bersama antara keluarga, masyarakat dan stakeholders termasuk dunia usaha.

Kemendikbud mengapresiasi Faber-Castell yang turut andil memberikan kontribusi dalam memberikan dana pendidikan kepada guru PAUD terpilih dan anak-anak yang telah menunjukkan kreativitasnya.

Daftar Pemenang Kompetisi Faber-Castell

  • Pemenang Family Art Competitions 2019/2020
  1. Cheryl, Notre Dame School,
  2. Aira Destri Rayya, SDN 006 Aminah Syukur, Samarinda.
  3. Liano Verrald Jaya, SDN Depok 1,
  4. Aulia Zahrani, SDN Purwantoro 1,
  5. Shalsa Nabila, SD Muhammdiyah 1, Medan.
  • Pemenang Family Colouring Competitions 2019/2020
  1. Raina Shakila Maulida, TK An-Nabba, Karawang Utara.
  2. Ichiro Noor Alexi, TK Tunas Bangsa, Banjarbaru
  3. M Irsyad Ayudha Wicaksono, RA Marsitoh 3, Mandisari Temanggung.
  4. Syaqira Qonita Kamila, RA Al-Amin, Tabanan.
  5. Celine Nicole, TK Metodis, Banda Aceh.
  6. Kaori Abbiya Firza, TK Budi Dharma, Tebing Tinggi.
  7. Assifatulhaifa Ismali, TK Darussalam Islamic School, Kisaran.
  8. Lucia Hana Pratista P. TK Taruna Andalan, Pangkalan Kerinci.
  9. Dikara Aulia Dewandaru,TK Kartika, Prabumulih.
  10. Kenzie Atisa Putra, TK Bhayangkari, Muarabungo.
  11. Mutiara Dwi Kurnia, TK Dharmawanita, Kota Bengkulu.
  12. Humairah Asyifa, TK Nurul Ikhsan Batu Rusa, Sungai Liat, Bangka.
  • Pemenang Teacher Competitions 2019/2020
  1. Sairoh, PAUD Bina Mandiri Kisaud, Serang.
  2. Hasna Putri Yusma, TK Al Furqon, Jepara.
  3. Wiyani , TK Bahtera Kasih Bunda,
  4. Darul Bhayani, TK Bumble Bees Lc-Stabat, Langkathulu.
  5. Luthfiyah, TK Dzakiyyah 2, Batam.
  6. Fisiarli Koeswida, PAUD As-Ashifa Citra 2, Tapung,
  7. Salma Asni, TK Negeri Pembina, Tanah Datar.
  8. Anton Herza, TK Ibnu Abbas, Pagar Alam.
  9. Heni Maryana, TK Miftahussalam.(hps)