PenaMerahPutih.com
Ekbis Headline Indeks Industri

SIG Telah Pasok 1 Juta Ton Semen untuk Tol Trans Sumatera

Tol Trans Sumatera
Jalan tol Trans Sumatera yang mempergunakan semen produksi SIG.(Humas SIG)

Jakarta, pmp – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) melalui PT Semen Padang dan PT Solusi Bangun Andalas, sampai September 2020 telah memasok 1 juta ton semen untuk pembangunan jalan Tol Trans Sumatera.

“Jalan tol yang dibangun menggunakan produk SIG di antaranya ruas Kayu Agung-Palembang-Betung 112 km,” kata Rahman Kurniawan, Senior Vice President of Sales SIG, di Jakarta, Kamis (1/10/2020).

Selain itu juga ruas sepanjang 131,48 km yakni Kisaran-Tebing Tinggi, seksi 6 Padang-Pekanbaru, Pekanbaru-Bangkinang dan Pekanbaru-Dumai. Juga ruas Sigli-Banda Aceh sepanjang 74,2 km.

“Jalan tol Pekanbaru-Dumai bahkan telah diresmikan penggunaannya oleh Presiden Joko Widodo pada Jumat 25 September 2020,” kata Rahman.

Menurut Rahman, semen yang dipergunakan untuk proyek pembangunan jalan Tol Trans Sumatera dipasok dari fasilitas produksi SIG terdekat area pembangunan, yakni PT Semen Padang di Sumatera Barat dan PT Solusi Bangun Andalas di Aceh. Juga dipasok dari fasilitas packing plant dan pelabuhan yang tersebar di seluruh Pulau Sumatera.

Baca Juga :   SIG Tahun 2020 Bukukan Laba Rp 2,79 Triliun

“Keberadaan pabrik semen, packing plant dan pelabuhan sangat membantu kecepatan pengiriman serta ketersediaan pasokan, sehingga pembangunan jalan tol Trans Sumatera tidak terhambat,” jelasnya.

Dia mencontohkan jalan tol ruas Sigli-Banda Aceh yang digarap oleh PT Adhi Karya, kebutuhan semen dipasok dari PT Solusi Bangun Andalas dan PT Semen Padang melalui packing plant Malahayati, Aceh.

Sementara ruas seksi 6 Pekanbaru-Bangkinang sepanjang 40km yang dikerjakan PT Wijaya Karya Beton, PT Brantas Abipraya dan PT Hakaaston, kebutuhan semen dipasok dari PT Semen Padang.

“Kami bersyukur produk SIG mendapat kepercayaan dipergunakan pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN). SIG akan terus melakukan penjajakan kerja sama dengan berbagai perusahaan karya agar terus terlibat dalam pembangunan PSN lainnya,” katanya.(hps)