PenaMerahPutih.com
Headline Indeks Polkam

Peduli Nakes, Pertamina Serahkan RAISA ke RSI Surabaya

Surabaya, pmp – PT Pertamina (Persero) menyerahkan dua unit Robot Medical Assistant ITS-Unair, atau dikenal sebagai RAISA ke Rumah Sakit Islam Surabaya A. Yani. Bantuan yang yang diserahkan Kamis (8/10/2020) ini sebagai bentuk kepedulian Pertamina terhadap para Tenaga Kesehatan (Nakes) yang tengah berjuang merawat para pasien COVID-19.

Penyerahan RAISA ini dilakukan oleh Executive General Manager Pertamina Regional Jatimbalinus, C.D. Sasongko kepada Direktur Utama RSI Surabaya – A. Yani, dr. Samsul Arifin, MARS.

Sasongko menyampaikan bantuan ini merupakan sinergi antara Pertamina Group dengan instansi pendidikan, yaitu ITS dan Unair, sebagai perguruan tinggi di Jawa Timur yang mengembangkan robot tersebut. “Bantuan ini merupakan salah satu upaya untuk menanggulangi COVID-19 melalui Program Pertamina Peduli,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (8/9/2020).

Baca Juga :   Hari Jadi Ke-75 Jatim, Gubernur Ajak Warga Gotong Royong Atasi Pandemi

Kepedulian dan kontribusi Pertamina dalam penanganan COVID-19 di Jatim ini diapresiasi Rektor ITS Prof. Dr. Ir. Mochamad Ashari, M. Eng.

“Robot RAISA ini adalah hasil kerjasama ITS dengan RS Unair atas keprihatinan dari kalangan akademisi terhadap COVID-19 yang melanda negara. Saat ini RAISA sudah digunakan di banyak RS di Jawa Timur, seperti RS Univ. Airlangga, RS Husada Utama, RS Syaiful Anwar bahkan di RS Wisma Atlet. Semoga robot karya anak bangsa ini dapat meringankan beban rumah sakit dalam menangani pandemi COVID-19,” ujarnya.

Sementara itu Direktur Utama RSI Surabaya – A. Yani, dr. Samsul Arifin, MARS menyampaikan bantuan ini dapat membantu Nakes agar dapat mengurangi interaksi dengan pasien COVID-19.

Baca Juga :   Vaksinasi Perdana Presiden Jokowi Direspon Positif Pasar Saham dan Penguatan Rupiah

“Semenjak menjadi RS Rujukan COVID-19 di April lalu, RS ini telah merawat lebih dari 750 pasien COVID-19, disini juga sudah ada Nakes yang terpapar. Untuk itu kami ucapkan banyak terima kasih kepada Pertamina dan ITS atas bantuan robot RAISA ini,” jelasnya.

Pertamina berharap bantuan yang diserahkan dapat meringankan beban nakes dalam melawan COVID-19 yang terjadi di Indonesia. Pertamina juga sudah menyerahkan 1 unit RAISA ke Rumah Sakit Husada Utama (RSHU) pada Juli silam.

Sampai dengan awal Oktober ini, program Pertamina Peduli Penanggulangan COVID-19 telah menyalurkan bantuan senilai lebih dari Rp13 Miliar di Jawa Timur. Bantuan dalam bentuk Alat Pelindung Diri (APD) untuk tenaga medis, wastafel portabel di fasilitas umum, masker untuk masyarakat, paket kesehatan dan paket sembako, penyemprotan disinfektan, voucher bahan bakar dan ganti oli untuk tenaga medis, beasiswa pendidikan. (hps)