Pertamina Raih 13 Penghargaan The Best Nusantara CSR Award 2020

Oktober 24, 2020

Surabaya, pmp – Sebanyak 13 program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (CSR) yang dijalankan PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) V Jatimbalinus berhasil meraih penghargaan dalam ajang  Nusantara CSR Award 2020 yang digelar La Tofi School of CSR.

Penghargaan yang masuk dalam delapan kategori itu diumumkan La Tofi School of CSR, pada Kamis (22/10/20). Ketigabelas program CSR tersebar di area operasi Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.

“Melalui program CSR, Pertamina selalu mencoba bekerja sama dengan masyarakat untuk mencapai tujuan, memecahkan permasalahan di lingkungannya, serta memberi kesejahteraan dan kehidupan yang lebih baik bagi masyarakat di sekitar area operasi Pertamina,” ujar CD Sasongko, Executive General Manager Pertamina Regional Jatimbalinus.

Ketigabelas program CSR yang mendapatkan penghargaan dilaksanakan di enam lokasi, yaitu Integrated Terminal Surabaya Group, Integrated Terminal Manggis, Integrated Terminal Tanjung Wangi, Fuel Terminal Tuban, Fuel Terminal Madiun dan Depot Pengisian Pesawat Udara Ngurah Rai.

Sementara delapan kategori Nusantara CSR Award:

  1. Kategori Integrasi Program untuk Dampak Luas.
  2. Kategori Pelibatan Komunitas dalam Menangani Sampah.
  3. Kategori Perencanaan Program Pemulihan Ekonomi Komunitas.
  4. Kategori Upaya Kesehatan dan Ekonomi untuk Penanganan Darurat COVID-19.
  5. Kategori Pengembangan Desa Wisata.
  6. Kategori Pemberdayaan Ekonomi Komunitas.
  7. Kategori Peningkatan Mutu Kesehatan.
  8. Kategori Peningkatan Mutu Pendidikan.

Program Panca Wisata Desa Ketapang misalnya, merupakan program CSR dari Integrated Terminal Tanjung Wangi di Kabupaten Banyuwangi, Jatim, yang berhasil meraih penghargaan di kategori Pengembangan Desa Wisata. Meski baru diluncurkan di tahun 2020, Pertamina berhasil mengembangkan Program Panca Wisata Desa Ketapang yang dilaksanakan di lima dusun, yaitu Dusun Pancoran, Dusun Gunung Remuk, Dusun Selogiri, Dusun Krajan dan Kali Selogiri.

Program unggulan di Desa Ketapang adalah satu rumah satu kandang untuk peternak kambing Senduro, kerajinan bambu, kebun edukasi, budi daya terumbu karang untuk potensi wisata snorkeling, olahan mangrove dan kopi, pengembangan batik Ecoprint di Dusun Krajan, serta program ruang terbuka hijau untuk masyarakat.

Prestasi 13 penghargaan tentu mengejutkan, mengingat tahun 2019 Pertamina MOR V meraih 4 penghargaan dari La Tofi School of CSR dalam 3 (tiga) kategori.

“Penghargaan Nusantara CSR Award yang kami raih bakal semakin memotivasi untuk terus menyelaraskan program-program CSR yang unggul, selain menjalankan operasi bisnis dari hulu sampai dengan ke hilir. Ke depannya Pertamina akan terus berinovasi sehingga akan selalu menghadirkan program CSR yang selaras dengan industri 4.0 yang sustainable dan memberikan added value kepada masyarakat,” pungkas Sasongko.

Berikut 13 Program Pertamina MOR V yang mendapat penghargaan The Best Nusantara CSR Award 2020:

  1. Program Pelestarian Burung Jalak Bali – DPPU Ngurah Rai, Bali.
  2. Program Eco Green Kelan – DPPU Ngurah Rai, Bali.
  3. Program Penanggulangan Dampak COVID-19 – DPPU Ngurah Rai, Bali.
  4. Program Kampung Tangguh – FT Madiun, Jawa Timur.
  5. Program Merangkul Ekonomi dan Kesehatan Masyarakat Rentan – DPPU Ngurah Rai, Bali.
  6. Program Sensitivitas dan Responsivitas Penanggulangan COVID-19 – IT Manggis, Bali.
  7. Program Kampung Hijau HSSE Jagir – IT Surabaya, Jawa Timur.
  8. Program Panca Wisata Desa Ketapang – IT Tanjungwangi, Jawa Timur.
  9. Program Wisata Edukasi Pantai Pasir Putih Remen – FT Tuban, Jawa Timur.
  10. Program Umami (Uyah Kusamba Alami) – IT Manggis, Bali.
  11. Program Pejabat Peduli Gerakan Balik Kanan/Geblak – IT Surabaya, Jawa Timur.
  12. Program Lansia Selamat – IT Surabaya, Jawa Timur.
  13. Program Jemparing Wangi (Jelajah Edukasi Masyarakat Pegiat Bambu Papring – Banyuwangi) – IT Tanjungwangi, Jawa Timur.(hps)