PJB Connect 2020 Hadirkan Konsep Baru Kegiatan Ketenagalistrikan di Era Digitalisasi

Oktober 29, 2020

Surabaya, pmp – PJB Connect 2020 yang merupakan perhelatan akbar tahunan kelima untuk merayakan HUT PJB ke-25, mengusung konsep baru dan semangat baru bertema ‘Spark Your Silver Horizon’.

“PJB Connect dengan konsep virtual tahun ini menjawab tantangan dalam mengadakan kegiatan yang edukatif serta informatif di masa pandemi dan era disruptif seperti saat ini,” kata Iwan Agung Firsantara, Direktur Utama PT PJB.

Sementara Menteri ESDM Arifin Tasrif berharap PJB Connect dapat terus menjadi wadah bagi seluruh stakeholder ketenagalistrikan untuk terus bergotong royong dan bahu membahu mewujudkan subsektor ketenagalistrikan yang lebih baik lagi.

Sejak tahun 2016, PJB Connect (Conference and Exhibition of Technology) secara konsisten berhasil menjadi acara pameran dan seminar kelistrikan terbesar di Indonesia.

Tidak hanya menghadirkan pameran yang diikuti beragam perusahaan kelistrikan ternama, namun juga mewadahi praktisi di industri ketenagalistrikan, serta para akademisi untuk bertukar pikiran melalui seminar yang diisi oleh ekspert ketenagalistrikan, terutama di sektor pembangkit.

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, PJB Connect terus memberikan warna baru bagi kegiatan kelistrikan di Indonesia. PJB Connect 2020 melakukan terobosan melalui konsep virtual dan futuristik yang membuat PJB Connect 2020 menjadi salah satu acara kelistrikan virtual terbesar di Indonesia dengan skala internasional.

PJB Connect 2020 menggelar pameran secara virtual atau virtual exhibitions yang memberi pengalaman baru, tidak hanya bagi penggiat industri ketenagalistrikan, namun juga masyarakat umum.

Lebih dari 50 perusahaan dan institusi ternama di dunia ramaikan virtual exhibition, mulai dari PT PLN, Andritz, ABB, hingga institusi pendidikan seperti Universitas Indonesia dan Institut Teknologi Sepuluh November.

Virtual exhibitions yang diadakan 21-28 Oktober tidak hanya ditampilkan secara tiga dimensi, tetapi juga menjadi lebih interaktif melalui fitur live chat untuk tetap menjaga interaksi antara perusahaan atau institusi exhibitor dengan pengunjung booth.

Bertujuan semakin meningkatkan aksesibilitas, PJB Connect memperpanjang masa penyelenggaraannya. Jika sebelumnya hanya diadakan selama tiga hari, kali ini penyelenggaraannya dilakukan selama delapan hari berturut-turut dan 24 jam nonstop.

Tiga Pemateri Bertaraf Internasional

Pada pembukaan PJB Connect 2020 digelar International E-Conference bertema ‘Energizing Indonesia Through Power Generation 4.0’ dengan tiga keynote speaker bertaraf internasional.

Yakni pemaparan oleh Prof Ir NG Wardana, MEng PhD (Universitas Brawijaya), Prof Dr Ir B Jayawardhana (University of Groningen, Belanda), serta Kazuyoshi Ito (NEDO Researcher, Jepang) yang dimoderatori oleh Henry Pariaman selaku Kepala Bidang Enjiniring Pembangkit PT PJB.

Konferensi mengupas tuntas akselerasi pembangkit listrik di era digitalisasi dan memberikan jawaban terhadap tantangan industri ketenagalistrikan di masa depan.

Tak hanya itu, PJB Connect 2020 bekerja sama dengan Universitas Sebelas Maret melalui program International Conference On Industrial, Mechanical, Electrical and Chemical Engineering (ICEMECE) berhasil mengumpulkan 50 scienfitic paper terbaik untuk dipaparkan pada PJB Connect Webinar e-Conference yang digelar 22-27 Oktober 2020.

Karya ilmiah-karya ilmiah tersebut mengangkat lebih dari 10 topik yang relevan dengan kondisi ketenagalistrikan saat ini, mulai dari Power Generation, Renewable Energy, Industry 4.0, Smart Grid Technology, Waste to Energy, Energy Saving Technology, Asset Management, Environmental Impact, Other Energy dan Power Technology. Sebagai bentuk peningkatan kualitas dari karya ilmiah yang dipaparkan, seluruh karya ilmiah telah terindeks jurnal Scopus.(hps)