PenaMerahPutih.com
Ekbis Headline Indeks Teknologi

Indosat Ooredoo Gandeng Huawei Bangun Jaringan 5G Ready Pertama se-Asia Pasifik

Jakarta, pmp – Indosat Ooredoo mengumumkan kerja sama berkelanjutan dengan Huawei Indonesia dalam upaya memastikan kebutuhan pelanggan ke depan di era digital baik untuk segmen retail maupun bisnis. Kerja sama bertujuan membangun jaringan transport yang canggih dan dapat diprogram, serta 5G ready dengan didukung teknologi segment routing IPv6 (SRv6).

Penerapan jaringan di area utama Jabodetabek, Surabaya dan wilayah Jawa Timur lainnya serta Bali, akan menjadi implementasi pertama teknologi tersebut secara komersial di Asia Pacifik. Hal ini memungkinkan tersedianya jaringan yang simple, scalable, agile dan andal untuk memenuhi kebutuhan pelanggan segmen retail dan bisnis.

Medhat Elhusseiny, Chief Technology and Information Officer Indosat Ooredoo mengatakan, Indosat Ooredoo saat ini melayani basis pelanggan yang terus berkembang yang sangat mengandalkan konektivitas. Meningkatnya permintaan untuk konsumsi data seluler serta munculnya teknologi baru seperti cloud computing dan network slicing mengharuskan Indosat Ooredoo terus memastikan ketersediaan layanan jaringan yang sesuai dengan permintaan pelanggan secara cepat.

Baca Juga :   Gratis Berlangganan Sebulan Prime Video Mobile Edition Bagi Pengguna IM3

Teknologi baru ini bersama perluasan jaringan serat optik Indosat Ooredoo akan memungkinkan cloud computing dengan konektivitas data yang lebih cepat untuk melayani komunitas digital dengan metode yang jauh lebih otomatis.

Dalam mempersiapkan layanan masa depan ini, Indosat Ooredoo telah melalui berbagai tahapan transformasi digital, di mana transformasi jaringan transport adalah elemen kunci dari perjalanan ini. Setelah melakukan analisis mendalam terhadap jaringan yang ada dan sasaran pengembangan jaringan jangka panjang, Indosat Ooredoo memilih untuk menerapkan solusi IP SRv6 bersama Huawei Indonesia, yang menyediakan fungsi routing cerdas SRv6 yang memungkinkan jalur routing deterministik dan jaminan latency.

“Sebagai bagian dari perjalanan transformasi digital Indosat Ooredoo, sekaligus menjawab kebutuhan pelanggan retail dan bisnis yang semakin meningkat untuk cloud computing, layanan IoT, kebutuhan jaringan yang on-demand dan scalable, kami sangat senang bermitra dengan Huawei untuk membangun infrastruktur jaringan generasi baru yang dapat diprogram dengan menghadirkan jaringan transport 5G-ready berbasis SRv6 pertama di Asia Pasifik. Dengan ini kami berharap dapat memberikan nilai lebih dan meningkatkan pengalaman pelanggan kami untuk layanan digital terutama untuk aplikasi yang real-time dan sensitif terhadap latency,” kata  Medhat Elhusseiny, dalam keterangan resminya, Senin (2/11/2020).

Baca Juga :   Indosat Ooredoo Bukukan Laba Bersih Rp 5,8 Triliun

Andy Ma, CEO Huawei Indonesia Carrier Business menyatakan, Huawei Indonesia telah mendukung Indosat Ooredoo selama bertahun-tahun. Huawei telah meluncurkan solusi SLA IP pertama di industri untuk menyediakan layanan transmisi premium bagi berbagai industri vertikal di era 5G.

“Solusi tersebut telah digunakan secara luas di beberapa operator terkemuka di seluruh dunia. Huawei mengantisipasi membuat jaringan transport IP bahkan lebih cerdas melalui kerjasama berkelanjutan kami dengan Indosat Ooredoo,” katanya. (hps)