PenaMerahPutih.com
Headline Indeks Nusantara

TikTok Edukasi 1.000 Guru Maksimalkan Video Pendidikan

Angga Anugrah Putra

Jakarta, pmp  – Mewujudkan peringatan  Hari Guru Nasional, TikTok bekerjasama dengan Ikatan Guru Indonesia (IGI) dan Jaringan Sekolah Digital Indonesia (JSDI) untuk menyelenggarakan workshop webinar memaksimalkan platform video pendek untuk pendidikan kepada lebih dari 1.000 guru di seluruh Indonesia.

Berdasarkan hasil survei dari Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, dan Wahana Visi Indonesia, ditemukan sebagian besar guru membutuhkan pelatihan digital tingkat lanjut.  Hampir 95% setuju untuk melakukan pembelajaran jarak jauh atau kombinasi, setelah pemerintah pusat memberikan kebebasan kepada pemerintah daerah untuk membuka kembali sekolah.

Untuk mendukung kebutuhan para guru ini, TikTok Indonesia, bersama dengan IGI dan JSDI, akan mengadakan webinar mulai Desember 2020 di 10 kota di seluruh Indonesia, termasuk di Aceh, Makassar, hingga Maluku agar dapat menjangkau lebih dari 1.000 guru.

Baca Juga :   Tunjukkan Afgan dan Raisa di TikTok Live

Webinar ini akan memberikan pengenalan tentang TikTok, kreasi konten, keamanan digital, dan pemanfaatan platfrom tersebut untuk mendukung kegiatan belajar mengajar para guru.

“Kami memahami bagaimana tantangan bagi edukasi terutama para guru di era pandemi ini. Karena itu, kami berharap melalui kerjasama ini, kami dapat mendukung para guru, dosen dan pelaku pendidikan lainnya untuk dapat memaksimalkan penggunaan video singkat sebagai wadah alternatif yang kreatif dan mudah dipahami oleh generasi muda Indonesia. Semua ini sejalan dengan tujuan kami meluncurkan Sama-Sama Belajar di awal tahun, untuk ajak siapapun memperkaya diri dengan ilmu di mana saja dan kapan saja,” kata Angga Anugrah Putra, Head of User and Content Operations, TikTok Indonesia dalam media briefing virtual, Selasa (24/11/2020).

Baca Juga :   Konten Edukasi Makin Diminati, TikTok Gelar Kompetisi #TikTokPintar

Baca juga: Konten Edukasi Makin Diminati, TikTok Gelar Kompetisi #TikTokPintar

Ikatan Guru Indonesia dan Jaringan Sekolah Digital Indonesia sebagai organisasi guru, dosen, dan pemerhati pendidikan di Indonesia menyambut baik kolaborasi ini.

“Pengadopsian teknologi dalam dunia pendidikan itu merupakan suatu keniscayaan, yang akhirnya didorong dengan terjadinya pandemi ini. Para guru perlu selalu belajar mengikuti perkembangan teknologi, agar dapat terus menyampaikan materi pengajaran yang efektif kepada para pelajar,” kata Muhammad Ramli Rahim, Ketua Umum, Ikatan Guru Indonesia (IGI) dan Jaringan Sekolah Digital Indonesia (JSDI).

Menurut Ramli, TikTok merupakan platform yang sedang ramai digunakan oleh para pelajar. “Dengan berlatih membuat konten di TikTok untuk mendukung kegiatan mengajar, para guru dapat merangkul dan menjangkau para pelajar dengan lebih efektif karena mengikuti bahasa yang sudah mereka pahami,” lanjut Ramli.

Baca Juga :   TikTok Cash Diblokir Kominfo

Webinar “Memaksimalkan Video Pendek untuk Pendidikan” ini merupakan bagian dari program #SamaSamaBelajar yang diluncurkan TikTok pada bulan Mei lalu. Program yang mendorong konten berbasis edukasi atau skill ini telah mendapatkan lebih dari 35 miliar views dan membawa konten edukasi sebagai salah sau dari top konten di TikTok. (hps)