PenaMerahPutih.com
Ekbis Headline Indeks Industri

Dorong Transformasi Industri, Schneider Electric Kembali Raih Penghargaan INDI 4.0


(Dari kiri ke kanan) Dr. Ir. Doddy Rahadi, MT, Kepala BPPI – Kemenperin; Bobby Hamzar Rafinus, S.T., MIA, Staf Ahli Bidang Pembangunan Daerah, Kemenko Bidang Perekonomian; Xavier Denoly, Cluster President Schneider Electric Indonesia & Timor Leste dan ; Ir. Muhammad Khayam, MT, Dirjen Industri Kimia, Farmasi, dan Tekstil, Kemenperin pada penyerahan penghargaan INDI 4.0 di Jakarta.

Jakarta, pmp  – Schneider Electric, perusahaan global dalam transformasi digital di pengelolaan energi dan otomasi industri, kembali memperoleh penghargaan Indonesia Industry 4.0 Readiness Index (INDI 4.0) atas capaian pabrik pintarnya di Batam yang telah ditetapkan sebagai “Global Lighthouse Network oleh World Economic Forum (WEF)” pada tahun 2019 lalu.

Schneider Electric Indonesia menjadi salah satu dari 54 perusahaan di dunia yang masuk dalam Global Lighthouse Network WEF sebagai pemimpin dalam pengadopsian teknologi industri 4.0.

Sebelumnya Schneider Electric juga telah memperoleh penghargaan INDI 4.0 sebagai “A National Lighthouse for Indonesia” pada 2019 yang sekaligus menjadi mitra pertama Pemerintah Indonesia sebagai proyek percontohan pabrik pintar di Indonesia.

“Saat ini kita dihadapkan pada era Next-Generation Industry dimana pemanfaatan teknologi tidak lagi hanya berbicara mengenai efisiensi dan peningkatan produktivitas operasional, namun juga bagaimana teknologi digital dapat membantu meningkatkan ketahanan dan keberlanjutan bisnis yang berorientasi pada pemberdayaan sumber daya manusia. Hal inilah yang telah kita saksikan dan alami di masa pandemi ini,” kata Xavier Denoly, Cluster President Schneider Electric Indonesia & Timor Leste dalam keterangan tertulisnya, Jumat (27/11/2020).

Xavier mengatakan dalam rangka mempercepat transformasi digital memasuki era Next-Generation Industry dibutuhkan komitmen dan kolaborasi seluruh pemangku kepentingan baik itu pemerintah sebagai pembuat kebijakan, pelaku industri, tenaga ahli, akademisi, konsultan dan penyedia teknologi, hingga lembaga keuangan.

“Kolaborasi ini dapat dilakukan dengan membangun ekosistem yang mendukung untuk menjalin kemitraan strategis serta menjadi sarana berbagi pengalaman dan wawasan terbaru terkait industri 4.0. Kami menyambut baik diluncurkannya platform digital SINDI 4.0 oleh Kemenperin sebagai ekosistem untuk membangun sinergi dan kolaborasi seluruh pihak dalam percepatan proses tranformasi industri, dan Schneider Electric akan terus menjadi bagian dari akselerator yang membantu program pemerintah Making Indonesia 4.0,” kata Xavier. (hps)