PenaMerahPutih.com
Headline Indeks Sehat Cantik Tren

Berbulan Belajar dari Rumah, Anak-Anak Rindukan Sekolah, Teman dan Guru

Jakarta, pmp – Pandemi telah membuat lebih dari 45 juta pelajar di Indonesia harus mengikuti pembelajaran jarak jauh (PJJ) dari rumah. Penelitian menunjukkan, anak-anak sangat merindukan suasana sekolah (83%), teman-teman (78%), juga guru (45%).

Begitulah hasil peneltian yang dilakukan konselor pendidikan Dr Vivid F Argarini bersama timnya. Hasil riset juga menunjukkan, setelah belajar sebanyak 57% siswa mengerjakan tugas dan 56,5% memilih bermain.

“Sebanyak 55% siswa mengatakan, waktu bermain mereka memang menjadi lebih panjang dan alat bermain mereka selama PJJ adalah perangkat elektronik,” kata Vivid.

Menurutnya, hasil penelitiannya sejalan dengan riset McKinsey & Company dalam laporan bertajuk ‘Indonesian Consumer Sentiment During the Coronavirus Crisis’ yang menunjukkan penggunaan layanan berbasis digital selama PJJ meningkat 76%.

Oleh sebab itu, menurut Vivid, dibutuhkan perangkat teknologi yang bisa memenuhi tiga hal yang dibutuhkan para siswa pada masa-masa PJJ, yaitu belajar, berkreasi dan berekreasi.

Baca Juga :   Samsung Perkenalkan Monitor Cerdas ‘Do It All’ Pertama Dunia

Guna memenuhi kebutuhan itu, Samsung Galaxy Tab A7 menjadi pilihan tepat karena tablet ini dirancang untuk memberikan dukungan bagi keluarga, terutama anak-anak sehingga bisa belajar, berkreasi dan berekreasi dengan gembira.

Tab A7 dilengkapi layar jernih 10,4 inci yang membuat materi pelajaran tampil jelas di layar yang luas. Samsung juga menghadirkan Samsung Kids, yaitu fitur yang tak ubahnya ruang kelas digital, di mana anak bisa belajar dan bermain dengan aman.

Cara mengaktifkan Samsung Kids juga sangat mudah bagi anak-anak, cukup seret menu layar ke bawah, buka Quick Panel dan klik icon Samsung Kids. Pengguna segera dibawa ke layar dengan antarmuka khusus Samsung Kids beserta sejumlah aplikasi yang didesain khusus bagi anak-anak.

Contohnya Bobby’s Canvas untuk menggambar di berbagai jenis permukaan, atau Crocro’s Adventure yaitu permainan block coding di mana anak dapat mempelajari elemen dasar dari programming dan algoritma.

Baca Juga :   Samsung Perkenalkan Monitor Cerdas ‘Do It All’ Pertama Dunia

Kelebihan lainnya, tersedia Parental Control bagi orng tua untuk memonitor maupun memahami perilaku penggunaan tablet oleh anaknya secara detail. Orang tua dapat mengatur aplikasi apa saja yang boleh dibuka dan jam penggunaannya.

Contohnya, orang tua bisa membatasi sehingga anak hanya dapat membuka aplikasi Google Classroom dari pagi hingga jam 2 siang dan tidak dapat membuka aplikasi Instagram sebelum jam 4 sore, sehingga anak bakal fokus pada aplikasi belajar dan tidak membuka aplikasi nonsekolah.

Bantu Asah Potensi Anak

Tab A7 juga membantu orang tua membangun kreativitas atau menggali potensi anak. Kamera utama atau kamera belakang Tab A7 yang beresolusi 8MP dengan autofocus dapat merekam video beresolusi 1080p pada kecepatan 30fps memberi peluang bisa melatih kemampuan public speaking anak. Rekaman bisa dilihat bersama-sama sebagai sarana orang tua memberi masukan-masukan membangun.

Baca Juga :   Samsung Perkenalkan Monitor Cerdas ‘Do It All’ Pertama Dunia

Saat ini untuk mengobati kerinduan anak-anak kepada teman dan guru, pertemuan virtual menggunakan berbagai aplikasi video conference menjadi jalan keluar.

Tab A7 yang dilengkapi kamera depan yang diposisikan tepat di bagian tengah atas tablet, memudahkan melakukan video conference dalam orientasi layar landscape. Pandangan mata anak tepat ke tengah layar, seolah bertemu langsung face-to-face dengan teman-teman sekelas dan guru.

Galaxy Tab A7 sudah tersedia di Indonesia dalam pilihan warna Dark Gray dan Silver dengan harga Rp 4.999.000.  Pembelian Galaxy Tab A7 hingga 15 Desember 2020 akan mendapatkan bonus 12 bulan perlindungan dari  Samsung Care+ senilai Rp 449.000 yang dapat di-redeem melalui aplikasi Samsung Gift Indonesia.(hps)