PenaMerahPutih.com
Headline Indeks Wow

Gembiranya Suporter Chelsea dan Westham Bisa Hadir Kembali di Stadion

chelsea
Oliver Giroud lakukan seleberasi ke arah suporter usai cetak gol.(premierleague.com)

London, pmp – Setelah 271 hari sejak 9 Maret 2020 tak bisa lagi menonton sepak bola secara langsung di stadion akibat pandemi COVID-19, sebanyak 4.000 suporter Chelsea dan Westham United, dua klub Liga Inggris yang bermarkas di London, kembali diizinkan hadir di stadion untuk mendukung tim kesayangan mereka berlaga dengan serangkaian protokol kesehatan ketat.

Pada Sabtu malam (5/12/2020) atau Minggu dini hari di Indonesia, sebanyak 2.000 suporter Chelsea bersuka cita bisa hadir ke stadion untuk menyaksikan pertandingan pekan ke sebelas Liga Primer atau Premier League yang merupakan kasta tertinggi sepak bola negeri Ratu Elizabeth itu, antara The Blues yang menjamu tamunya Leeds United di Stadion Stamford Bridge di barat daya kota London.

Hal yang sama dirasakan 2.000 pendukung Westham United yang malam itu bertindak sebagai tuan rumah melawan Manchester United di London Stadium yang terletak di sebelah timur kota London.

Kehadiran penonton di Stamford Bridge dan London Stadium dimungkinkan dengan penerapan serangkaian protokol kesehatan yang sangat ketat oleh pihak klub, setelah mereka juga diwajibkan pemerintah memastikan bahwa area stadion aman bagi semua yang hadir.

Baca Juga :   897 SPBU di Jawa Timur Sudah Lakukan Disinfektasi

Toh, kehadiran 2.000 suporter tetap saja membuat suasana dua stadion tampak lengang mengingat Stamford Bridge berkapasitas 40.834 orang, sedangkan London Stadium 60.000 orang.

suporter chelsea
Masker dan protokol kesehatan ketat.(premierleague.com)

Kebijakan social distancing atau menjaga jarak diberlakukan ketat sejak penonton memasuki area stadion. Para suporter yang tentu saja wajib menggunakan masker segera diukur suhu tubuh, selanjutnya tiket elektronik untuk masuk stadion dan tanda pengenal diperiksa secara silang oleh para petugas yang telah dilatih secara khusus terkait penangan corona.

Prosesi protokol kesehatan untuk mendapatkan tiket masuk stadion bahkan telah diberlakukan jauh sebelum hari pertandingan. Para suporter yang membeli tiket secara online wajib mengisi kuisioner kesehatan dan memberikan data hasil uji COVID-19 serta rekam jejak kesehatan.

Begitu memasuki stadion, para suporter menuju tempat duduk yang telah disiapkan. Pihak klub telah menata agar para suporter duduk di kursi-kursi tertentu dengan jarak yang aman antar penonton untuk mencegah penularan. Kalaupun bisa duduk berdekatan hanya diizinkan bagi penonton dari satu keluarga.

Baca Juga :   PSBB Lebaran 2020, Traffic Data Smartfren Naik 10 Persen

Berbagai sudut stadion yang dilewati penonton pun diberi tanda dan instruksi yang tegas untuk memastikan bahwa jarak sosial dipertahankan secara menyeluruh, mulai dari lorong stadion, tempat duduk penonton, kantin, hingga toilet.

Suporter chelsea
Wajib cek suhu tubuh.(premierleague.com)

Chelsea Gandakan Kegembiraan Suporter

Para suporter West Ham United bersorak di babak pertama karena tim mereka mendominasi, apalagi begitu Tomas Soucek di menit 38 mencetak gol untuk keunggulan The Hammers.

Namun Manchester United tampaknya masih terlalu tangguh dan balik mencetak tiga gol di babak kedua melalui Paul Pogba di menit 65, Mason Greenwood menit 68 dan Marcus Rashford menit 78.

Namun kemenangan tim asuhan Ole Gunnar Solksjaer atas Westham United tetap tak menutupi kegembiraan suporter tuan rumah yang bisa kembali mendukung tim kesayangannya.

Apa yang terjadi di Stadion Stamford Bridge sedikit berbeda karena The Blues sukses besar membekuk Leeds United melalui gol yang dicetak Oliver Giroud menit 27, Kurt Zouma menit 61 dan Christian Pulisic di menit 93. Meski pendukung tuan rumah sempat terbungkam di awal laga saat Patrick Bamford, striker Leeds United, mencetak gol cepat di menit 4.

Baca Juga :   Pelajaran Mahal Bermedsos dari Striker MU Edinson Cavani
Kurt Zouma
Kurt Zouma dan Oliver Giroud menari di depan suporter.(premierleague.com)

Kemenangan itu tentu saja menggandakan kegembiraan suporter Chelsea setelah lama tak bisa mendukung tim kesayangan di stadion.

Namun menang dan kalah dalam dua pertandingan di Stadion Stamford Bridge dan London Stadium tampaknya bukan hal utama bagi pihak klub dan seluruh pemain yang malam itu berlaga, karena mereka sebenarnya juga rindu mendengar teriakan dan sorak sorai para suporter di pinggir lapangan.

Westham United melalui akun Twitternya @WestHam mengunggah video saat para suporter berdiri dan bertepuk tangan saat para pemain Westham memasuki lapangan dengan narasi, “Hasil pertandingan bukan hal terpenting malam ini. Namun rasa gembira yang luar biasa bagi kami bisa kembali bermain di hadapan para suporter. Terima kasih atas dukungan anda di stadion dan di rumah”.(bim)